JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Gara-gara Gas Elpiji, Kandang dan 4.000 Ekor Ayam milik Pengusaha di Mondokan Sragen Luluh Lantak. Kerugian Ditaksir Ratusan Juta

Tim PMI dan BPBD, Damkar saat memadamkan kebakaran kandang ayam di Mondokan, Sragen, Jumat (13/12/2019) malam. Foto/Wardoyo
Tim PMI dan BPBD, Damkar saat memadamkan kebakaran kandang ayam di Mondokan, Sragen, Jumat (13/12/2019) malam. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Keb~akaran hebat melanda sebuah peternakan ayam di Dukuh Sempurejo RT 28, Desa Jambangan, Kecamatan Mondokan, Sragen, Jumat (13/12/2019) malam.

Kobaran hebat menghanguskan kandang berukuran 40 x 13 meter milik Yatman (50) warga Jambangan RT 29, Jambangan, Mondokan tersebut.

Kandang itu saat ini disewa oleh Effendi Pujo Buntono (55) warga Jambangan RT 9, Mondokan. Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Data yang dihimpun di lapangan, kebakaran terjadi sekitar pukul 21.00 WIB. Menurut keterangan saksi, api mendadak berkobar dari arah bagian oven pemanas ayam.

Baca Juga :  Tolak KAMI, Dewan Rakyat Jelata Sragen Gelar Demo di Alun-Alun. Sunarto Ingatkan KAMI Rawan Ditunggangi Kepentingan dan Berpotensi Adu Domba Warga!

Api kemudian dengan cepat merembet melahap bangunan kandang yang sebagian besar berkonstruksi kayu. Banyaknya tabung gas di sekitar lokasi pemanas membuat kobaran api makin menjadi.

Pekerja dan warga tak bisa berbuat banyak. Kandang itu pun akhirnya ludes dilalap api berikut 4.000 ekor ayam di dalamnya.

Tim pemadam kebakaran hanya melokalisir sisa api yang sudah menghanguskan kandang.

Kapolres Sragen, AKBP Yimmy Kurniawan melalui Kasubqg Humas AKP Harno membenarkan kejadian tersebut.

Baca Juga :  Tambah Lagi 9 Warga Positif Hari Ini, Jumlah Total Kasus Covid-19 Sragen Meroket Jadi 419. Sebanyak 780 Warga Terdeteksi Kontak Erat, Sudah 58 Meninggal Dunia

Sementara, Kepala Markas PMI Sragen, Wahdadi mengungkapkan sesaat setelah menerima laporan, tim bersama PSC 119 dan unsur lainnya langsung meluncur untuk melakukan asessment dan evakuasi.

Dari hasil pendataan, selain kandang yang ludes, ada 25 tabung gas elpiji 3 kg yang ikut hangus. Lantas 35 karung pakan ayam, enam unit mesin oven, satu unit TV, dan kipas angin.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu,” tuturnya.

Meski demikian, kerugian material ditaksir mencapai ratusan juta. Wardoyo