JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

KA Bandara Resmi Beroperasi, Tiketnya Gratis Selama 2 Bulan

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – KA Bandara resmi beroperasional Minggu (29/12/2019). Usai peresmian, tiket KA Bandara digratiskan selama dua bulan ke depan.

Peresmian KA Bandara dilakukan langsung oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. KA ini digadang bisa menarik turis untuk berkunjung ke Solo. Sehingga nantinya bisa mendukung program pemerintah untuk membuat Borobudur menjadi klaster kecil Bali sebagai tujuan wisata.

“Nanti kita buat cincin kereta api Semarang, Solo, Jogja dan Cirebon. Solo dan Jogja menjadi kota yang stasiunnya terintegrasi dengan bandara. Jadi turis bisa landing di Adi Soemarmo, keliling dulu di Solo kemudian ke Jogja baru ke Borobudur,” urainya.

Baca Juga :  Belum Bisa Direm, Total Positif Covid-19 Solo Jadi 609 Kasus

Rute KA Bandara dari Solo Balapan sendiri menempuh waktu sekitar 19 menit. Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro menambahkan, dalam satu hari KA Bandara akan melakukan 60 perjalanan.

“Ke depan akan dievaluasi justru saat uji coba ini untuk mengetahui bagaimana perjalanan KA Bandara. Jadi bisa saja berkurang jika diteruskan ke Yogyakarta karena ada rencana untuk itu,” tukasnya.

Baca Juga :  BKKBN RI Ganjar Solo Manggala Karya Kencana

KA Bandara sendiri buatan PT INKA dan mampu menampung hingga 393 penumpang.

”Ini kami masih soft opening, kami akan lihat lagi apakah akan membutuhkan tambahan kereta atau tidak. Rencananya bisa menampung sampai 150 persen dari kapasitas,” ujarnya. Triawati PP