JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Paus Fransiskus Ajak Keluarga Saling Bercakap-cakap dan Tidak Asyik Sendiri dengan Ponsel

Paus Fransiskus menyampaikan pesan saat memimpin misa malam Natal di Basilika Santo Petrus, Vatikan, Selasa, 24 Desember 2019 / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Kecanduan orang-orang pada gadget di era milenial ini menjadi fenomena yang memprihatinkan. Bukan hanya di kalangan masyarakat Indonesia saja, persoalan ini pun membuat Paus Fransiskus merasa prihatin.

Oleh karena itu, pemimpin tertinggi umat katolik di dunia tersebut menyampaikan pesan agar orang-orang bercakap satu sama lain ketika waktu makan bersama dibanding menggunakan telepon gembang, seperti yang dilakukan Yesus, Maryam, dan Joseph, ketika mereka berkumpul saat makan.

“Mereka berdoa, bekerja, dan berkomunikasi satu sama lain,” kata Paus kepada jamaah yang berkumpul di Lapangan Santo Petrus saat pidato mingguan Angelus, dikutip dari Reuters, Senin (30/12/2019).

“Saya bertanya pada diri sendiri apakah Anda, di keluarga Anda, tahu bagaimana berkomunikasi atau apakah Anda seperti anak-anak di meja makan di mana semua orang mengobrol dengan ponsel mereka … di mana ada keheningan seperti pada Misa tetapi mereka tidak berkomunikasi,” kata Paus.

“Kita harus kembali berkomunikasi di keluarga kita,” lanjutnya dalam sambutannya tanpa naskah.

“Ayah, orang tua, anak-anak, kakek-nenek, saudara lelaki dan perempuan, ini adalah tugas yang harus dilakukan hari ini, pada hari Keluarga Kudus.”

Ini bukan pertama kalinya Paus mengkritik smartphone.

Dikutip dari Daily Mail, awal tahun ini Paus juga memberi nasihat kepada para siswa di Visconti High School Roma.

“Telepon untuk koneksi – hidup adalah untuk berkomunikasi. Bebaskan diri Anda dari kecanduan … ketika Anda menjadi budak ponsel Anda, Anda akan kehilangan kebebasan,” kata Paus Fransiskus kepada siswa SMA tersebut.

www.tempo.co

Baca Juga :  Kabar Gembira, Arab Saudi Buka Kembali Layanan Umroh secara Bertahap. Jemaah Luar Negeri Diizinkan Datang Mulai 1 November 2020