JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Razia Di Mall, Ditemukan 62 Mobil Mewah Menunggak Pajak, Nilainya Mencapai Rp 275,38 Juta

Sejumlah kendaraan mewah yang menunggak pajak terparkir di basemen mal Pacific Place, Jakarta Selatan, Minggu (22/12/ 2019) / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM
Sebanyak 62 kendaraan atau mobil mewah kedapatan belum membayar pajak. Fakta itu ditemukan oleh Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta saat melakukan razia, Minggu (22/12/2019).

Suku Badan PRD Jakarta Selatan merazia 62 mobil yang menunggak pajak itu terparkir di sejumlah mal Jakarta, Minggu (22/12/2019).

Kepala BPRD DKI Faisal Syafruddin menyatakan potensi pajak dari 62 kendaraan itu mencapai Rp 275,38 juta.

“Potensi pajak kendaraan bermotor (PKB) Rp 275,38 juta,” kata Faisal dalam keterangan tertulisnya, Minggu (22/12/2019).

Razia mobil mewah penunggak pajak pada hari Minggu digelar di mal Pacific Place, Epicentrum, serta Pondok Indah Mall 1 dan 2.

Menurut Faisal, dari 62 mobil itu, petugas hanya memasang stiker segel penunggak pajak di sembilan mobil. Sementara 53 lainnya hanya diberikan flyer guna mengingatkan pemilik segera membayar pajaknya.

Penempelan stiker berarti pemilik telah menunggak pajak di atas enam bulan. Untuk pemberian flyer berlaku bagi kendaraan yang menunggak di bawah enam bulan.

Penjaringan terbanyak dilakukan di Mal Pacific Place Jakarta, yakni 36 mobil. Potensi pajaknya mencapai Rp 130,26 juta.

Dari penelusuran Suku BPRD Jaksel hari ini ditemukan mobil mewah menunggak pajak dengan nilai tertinggi Rp 34,4 juta. Ada pelbagai jenis mobil, yaitu BMW, Mercedes Benz, Pajero Sport, dan lainnya.

Selanjutnya di PIM 1 terhimpun 23 mobil yang belum taat pajak dengan potensi pajak Rp 132,12 juta. Sisanya, petugas merazia tiga mobil yang total tunggakannya senilai Rp 12,98 juta.

Razia pajak mobil mewah ini sengaja dilakukan BPRD DKI menjelang akhir tahun untuk tengah menggenjot pendapatan dari pajak karena target penerimaan tahun ini belum terpenuhi.

Menurut Faisal, razia tunggakan pajak mobil berlangsung serentak di lima kota di Jakarta.

Lokasinya antara lain Pacific Place, Epicentrum, Central Park, Pondok Indah Mall, dan PIK Avenue. Dia berujar penerimaan pajak kendaraan sudah mencapai 97 persen dari target Rp 8,8 triliun.

www.tempo.co

Baca Juga :  Jokowi Rotasi Pejabat Tinggi di Kementerian Pertahanan