JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

SDIT Nur Hidayah Gelar Pesta Siaga

Dok SDIT Nur Hidayah Surakarta

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Para siswa kelas 4 SD Islam Terpadu (SDIT) Nur Hidayah, Surakarta mengikuti kegiatan pesta siaga di Taman Balekambang, Manahan, Surakarta, Selasa (10/12/2019).

Rangkaian kegiatan pesta siaga tersebut sebenarnya sudah dimulai sejak Sabtu (7/12/2019) lalu dan puncaknya dilakukan Selasa. Pesta siaga dimulai dengan upacara.

Mewakili kepala seolah, Sunarto, SPd menyampaikan perlunya generasi muda Islam mempersiapkan kekuatan fisik agar siap menghadapi disrupsi masa depan.

“Kegiatan pesta siaga ini merupakan bagian dari persiapan fisik agar ke depannya kita bisa menjadi mukmin yang kuat. Dalam pesta siaga ini ada beberapa pembelajaran inti, yaitu Kedisiplinan dan tanggung jawab yang mengandung nilai-nilai kemandirian,” tuturnya dalam sambutan, sebagaimana dikutip dalam rilis ke Joglosemarnews.

Baca Juga :  Himadi Unisri Gelar Webinar, Hadirkan Wirausahawan Milenial

Usai upacara, para peserta sesuai barungnya menikmati petualangan di setiap sisi taman. Ada taman kebersihan, taman Jateng Hebat, taman kim, taman yel-yel regu, taman bumbung kemanusiaan, taman siaga pintar, taman toleransi beragama, taman full ball, taman jaring laba-laba, dan taman bermain peran.

Salah satu pendamping kegiatan, Tety Marzukhoh, SPd dalam wawancaranya mengatakan, kegiatan tersebut merupakan langkah awal untuk seleksi bibit unggul persiapan untuk lomba-lomba.

Selain membangun keceriaan di beragam taman, juga menanamkan nilai kerja sama, tanggung jawab, kerja keras, cinta alam, dan lainnya. Selain tentunya menjadi rehat bagi mereka setelah menyelesaikan kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS).

Baca Juga :  SMPN 8 Solo Gelar Simulasi Penilaian Tengah Semester Secara Daring

Semangat tersebut terlihat jelas di wajah para peserta. Meski lelah, mereka tampak antusias mengikuti berbagai tugas yang diberikan. Salah satunya adalah Affan Halim Al Birr.

“Aku masih harus selesaikan empat pos lagi,” katanya di sela-sela menghabiskan air minumnya.

Sementara peserta lainnya, Syakilla Aulia mengaku paling suka dengan taman bermain peran. Pasalnya, dia memiliki peran bagus. Menurutnya, kegiatan tersebut memiliki banyak manfaat.

“Setiap taman mengajarkan kepada kita nilai yang akan terus berguna hingga kelak kita dewasa,” ujarnya. suhamdani