JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

6 Polisi dan Istrinya Dinaikkan dan Diarak Pakai Becak di Temanggung. Ada Apa?

Foto/Humas Polda
Foto/Humas Polda

TEMANGGUNG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Upacara tradisi pedang pora kembali digelar di Mapolres Temanggung untuk pelepasan 6 anggota Polres Temanggung yang telah memasuki masa purna bakti, kemarin.

Kegiatan ini menjadi tradisi bagi personel yang menjalani wisuda purnabakti. Setelah melewati barisan pedang pora, para purna bakti juga dilepas secara simbolis dengan naik becak hias.

Kapolres Temanggung Polda Jateng AKBP Muhamad Ali menjelaskan, upacara wisuda purnabakti dengan podang pora bertujuan untuk memberikan penghargaan dan penghormatan terhadap anggota.

Tradisi pedang pora itu disimbolkan sebagai upacara penghormatan atas jasa-jasa pengabdian anggota yang selesai masa tugasnya.

Baca Juga :  Perhiasan Hasil Rampokan Toko Emas di Blora Dijual Secara Eceran

“Pedang Pora ini menunjukkan semangat kami mengantarkan anggota yang selesai masa tugas, dengan harapan kami semua akan melanjutkan perjuangannya dan yang pensiun semoga tetap diberikan kesehatan dan keselamatan,” ungkapnya.

Tersirat wajah bahagia para purna bakti dalam upacara pelepasan ini. Tradisi pedang pora. Hal ini sebagai bentuk apresiasi kepada para anggota atas kinerja dan dedikasi selama menjadi anggota Polri.

“Tradisi ini dipersembahkan sebagai wujud apresiasi kami terhadap pengabdian para purna bakti, mereka telah berkarya dan mengabdi kepada negara. Selain itu, tradisi ini juga bentuk penghormatan kita kepada para senior,” ujarnya.

Baca Juga :  Menguak Cerita di Balik Sendang Keramat Kalimah Toyyibah

Kapolres juga meminta kepada para petugas kepolisian yang purna tugas untuk tetap mengabdi kepada bangsa dan negara di luar kepolisian. Ia juga meminta kepada purna agar tetap melekatkan jiwa Tribrata dan Catur Prasetya Polri.

“Kami menghaturkan banyak terima kasih dan selamat atas selesai Purna tugas sebagai Polri dengan sukses. Walaupun sudah purna, jiwa Tribrata dan Catur Prasetya, tetap melekat, tetap mengabdi tugas bangsa dan Negara diluar Kepolisian,” pungkasnya. JSnews