loading...
Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi saat memimpin apel perlengkapan SAR. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMAR NEWS.COM Tingginya kerawanan bencana banjir, tanah longsor dan puting beliung di Karanganyar, membuat jajaran setempat mulai siaga.

Memasuki musim penghujan di awal 2020 ini, sejumlah unsur mulai menggelar apel dan pengecekan perlengkapan SAR.

Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi, memimpin langsung pengecekan perlengkapan dan peralatan Tim SAR yang dimiliki Jumat (03/01/2020).

Pengecekan peralatan pemeriksaan perlengkapan penanggulangan bencana alam ini, sebagai langkah persiapan tim penanggulangan bencana alam di Kabupaten Karanganyar.

Kapolres menjelaskan selain persiapan peralatan, para personil yang dimiliki sebagai tim siaga bencana ini akan bergabung dengan tim siaga bencana bersama instansi lain, jika terjadi bencana alam.

Menurut Kapolres, di tingkat kecamatan, pihaknya telah mendirikan posko siaga bencana. Sedangkan di tingkat kabupaten, bersama TNI dan Pemkab Karanganyar menidirikan pos terpadu yang berada di Makodim 0727.

Baca Juga :  Tim BPS Mendadak Datangi Kediaman Bupati Karanganyar dan Tanya Data-Data. Ada Apa?

Posko itu dibentuk untuk mempermudah pergerakan para anggota yang akan menuju titik bencana.

“Saat ini memasuki musim penghujan. Kita harus mempersiapkan. Salah satunya dengan melakukan penegecekan terhadap peralatan dan para personil yang nantinya akan dierjunkan kelokasi bencana. Hal ini merupakan salah satu bentuk kesiapan dan ketanggapan Polres Karanganyar, dalam memberikan bantuan penyelamatan, pencarian, dan evakuasi korban bencana alam pada tahap darurat dan pasca bencana,” terang Kapolres.

Ditambahkan, pihaknya menyiagakan personel gabungan tersebut selama 1×24 jam, dilengkapi peralatan Search and Resque, seperti perahu karet, pelampung, helm, dayung, gergaji mesin, tambang, sekop, senter, sepatu boots hingga anjing pelacak.

Baca Juga :  Ganjar Ajak Menanam Pohon Dijadikan Tradisi Milenial di Masyarakat

“Yang jelas kita siaga dua puluh emat jam. Jika terjadi bencana, baik tanah longsor maupun banjir, seluruh anggota siap diterjunkan,” tandas Kapolres. Wardoyo