JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Bandara Kulonprogo Resmi Beroperasi 29 Maret, Jumat Dicek Jokowi

Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta / tempo.co

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) atau sering disebut Bandara Kulon Progo, ditargetkan bakal beroperasi penuh pada 29 Maret 2020.

Terkait dengan itu, presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan Jumat (31/1/2020) untuk mengetahui progress bandara tersebut.

“Menhub (Budi Karya Sumadi) dijadwalkan mendampingi Presiden ke Yogyakarta,” kata Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, Jumat (31/1/2020).

Beroperasinya Bandara YIA akan membuat seluruh penerbangan di Bandara Adisutjipto (JOG) dialihkan ke sana.

Penerbangan yang dikecualikan dari pengalihan adalah penerbangan berjadwal dan tidak berjadwal yang menggunakan pesawat propeller/baling-baling, serta penerbangan VIP menggunakan pesawat jet pribadi.

Bandara YIA diharapkan dapat meningkatkan perekonomian melalui pengembangan destinasi pariwisata di mana Borobudur menjadi salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas.

Baca Juga :  Ngaku Sebagai Polisi, Bawor Rampas Uang dan HP Korban dengan Mudah, Tapi Akhirnya Meringkuk di Jeruji Besi

Pembangunan bandara baru Yogyakarta ini sendiri dilakukan karena kapasitas terminal Bandara Adisutjipto yang sudah tidak mampu lagi menampung jadwal penerbangan yang semakin ramai.

Pada tahap I atau pada 2020 hingga 2031, Bandara Kulon Progo akan memiliki terminal seluas 130.000 meter persegi dengan kapasitas hingga 15 juta penumpang per tahun. Adapun landasan sepanjang 3.250 meter, dan apron berkapasitas 35 unit pesawat.

Pada pengembangan tahap II yaitu pada 2031 hingga 2041, terminal Bandara YIA akan dikembangkan menjadi 195.000 meter persegi yang mampu menampung hingga 20 juta penumpang pertahun, landasan 3.600 meter, dan apron yang bisa memuat hingga 45 unit pesawat.

Baca Juga :  Inovasi Helm Gatotkaca yang Mampu Ukur Suhu Tubuh dari Jarak hingga 9 Meter, Digunakan di Polres Banjarnegara

Pemerintah juga menyiapkan anggaran sebesar Rp 9 miliar pada 2020 untuk subsidi angkutan antarmoda yang menghubungkan ke bandara tersebut. Diharapkan nantinya tarif Damri hanya sebesar Rp25.000 dari Kota Yogyakarta ke Bandara YIA.

Jadwal Presiden Jokowi untuk mengecek bandara baru Yogyakarta ini bersamaan dengan  agenda peresmian underpass Yogyakarta International Airport (YIA) hari ini, Jumat, 31 Januari 2020.

Presiden Jokowi bersama rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 pada Kamis, sekitar pukul 17.00 WIB.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Adisutjipto, Kabupaten Sleman, Presiden Jokowi langsung menuju Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta.

www.tempo.com