JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Curah Hujan Diprediksi Sangat Esktrim, Pemprov Jateng Ingatkan 21 Sungai Berpotensi Meluap dan Banjir, Ini Daftarnya!

Ilustrasi banjir bandang. Foto/Tempo.co
ย ย ย 
Ilustrasi banjir bandang. Foto/Tempo.co

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Antisipasi curah hujan ekstrem, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meminta seluruh stakeholder pasang mata.

Tingkatkan kesiagaan terutama di alur-alur sungai yang berpotensi meluap ataupun jebol. Data yang dilansir, sedikitnya ada 21 sungai di sejumlah kabupaten yang berpotensi meluap jika terjadi hujan deras.

Hal itu ditegaskan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, saat meninjau Posko Terpadu Siaga Banjir, di Wisma Perdamaian, Kamis (9/1/2020).

Ia mengatakan, curah hujan berdasarkan prediksi BMKG sangat ekstrem, bisa mencapai 500 milimeter. Hal itu terjadi di wilayah punggungan Jawa Tengah, di sekitar Gunung Slamet dan sekitarnya.

Jika demikian, lanjut Ganjar, ketika hujan ekstrem tercurah pada wilayah pegunungan, pasti akan mengalir ke sungai dan berakhir ke laut. Karenanya, di wilayah-wilayah sungai tersebut, gubernur meminta agar kewapadaan ditingkatkan, khususnya terhadap luapan air sungai ke permukiman maupun jalan-jalan.

โ€œMaka jika hujan seperti ini, kita akan menelpon (petugas) untuk memperingatkan (potensi) tanggul-tanggul jebol ada di mana. Kita antisipasi seoptimal mungkin, kita minta masyarakat diberikan halo-halo (peringatan).Early warning-nya, balai, jalan, alatnyastandbyย (siaga),โ€ ucapnya.

Baca Juga :  Supra 125 Digasak Megapro Patah Jadi 2, Pengendara Tewas di Lokasi

Kasi Penanggulangan Banjir dan Peralatan pada Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Jateng Agus Purwanto mengatakan, di Jateng ada 202 sungai. Dari alur tersebut, beberapa wilayah berisiko terjadi luapan.

โ€œDari 202 sungai itu, dibagi menjadi 10 satuan sungai, dua aliran sungai yakni Bodri-Kuto dan Pemali-Comal yang menjadi kewenangan provinsi. Fokus kita di situ, namun, tidak lantas hanya disiagakan di tempat itu. Di mana-mana yang banjir, ikut disediakan bahan banjiran (logistik penanggulangan banjir),โ€ jelas dia.

Menurut Agus, ada 21 aliran sungai dan lokasi rawan banjir yang berpotensi melimpasi jalan negara di Jawa Tengah bagian utara di antaranya, Kali Gangsa (Brebes), Kali Waluh (Pemalang), Kali Sragi Lama dan Kali Sengkarang (Kabupaten Pekalongan).

Baca Juga :  Pelaku Pencurian di Alfamart Semarang Masih Buron Polisi

Selanjutnya, ada Kali Urang, Kali Blorong (Kendal), Kali Bringin (Kota Semarang), Kali Onggorawe, Kali Setu, serta Kali Wulan(Demak), Kali Piji (Kudus) dan Kali Juana (Pati).

Di sisi selatan Jateng ada Kali Cijalu, Kali Cilopadang, Kali Wanareja, Desa Cihaur, Kali Dermaji, Kali Buntu (Cilacap), Kali Jatinegara, Kali Luk Ulo, dan Kali Butuh (Kebumen).

Pihaknya juga akan menerapkanย standard operational procedureย (SOP) terkait laporan risiko banjir dari sungai. Laporan dibuat berdasarkan kualifikasi risikonya, mulai hijau, kuning dan merah.

โ€œBegitu sudah masuk fase kuning ke merah, laporan akan dibuat 30 menit sekali. Laporan itu nanti akan ke BPBD sebagaiย commander-nya, yang akan mengevakuasi warga,โ€ terang Agus.

Terkait peralatan antisipasi banjir, pihaknya sudah menyiapkan. Di antaranya, 321.825 lembar karung pasir, 250 kilogram bronjong kawat, 370 unit bronjong anyam dan 30 dolken. Adapula, ekskavator, mini ekskavator,vibro rollerย (pemadat), dan buldozer. JSnews

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com