JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Hirup Gas Beracun, Warga Desa Jati Karanganyar Ditemukan Tewas di Dalam Sumur Berkedalaman 15 Meter

Tim SAR dan relawan gabingan saat mengevakuasi jasad warga yang tewas keracunan gas di sumur gali, Minggu (5/1/2020). Foto/Wardoyo
Tim SAR dan relawan gabingan saat mengevakuasi jasad warga yang tewas keracunan gas di sumur gali, Minggu (5/1/2020). Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Petaka di dalam sumur kembali terjadi. Kali ini, warga di Desa Jati, Kecamatan Jaten, Karangaganyar ditemukan tak bernyawa diduga menghirup gas beracun saat memperbaiki sumurnya, Minggu (5/1/2020).

Korban diketahui bernama Joko Purnomo (30) warga Sorobaon RT 01/03 Desa Jati, kecamatan Jaten. Data yang dihimpun di lapangan, jasad korban diketahui sekitar pukul 08.15 WIB.

Menurut keterangan saksi dan warga, korban tewas saat memperbaiki mesin pompa air yang berada di dalam sumur berkedalamanan 15 meter tersebut.

Koordinator lapangan SAR Karanganyar, Tri Puji Sugiarto, menjelaskan kejadian bermula sekira pukul 08 WIB korban berniat memperbaiki pompa air yang rusak.

Baca Juga :  Masa Pandemi, Target Akseptor KB Karanganyar Baru 60 %. Bupati Minta Pasangan Muda Pakai Kontrasepsi, Dinas Akan Gerilya

Korban kemudian masuk ke dalam sumur. Setelah selesai korban kembali naik.

Namun, belum sampai ke atas, korban jatuh ke dasar sumur yang saat itu berisi air dengan ketinggian 2 meter.

Mengetahui Joko jatuh ke dalam sumur, salah satu warga berupaya memberikan pertolongan.

Namun upaya pertolongan tersebut gagal. Pasalya, saat akan memberikan pertolongan, warga mencium gas beracun dan mengurungkan pertolongan.

Mereka kembali naik ke atas sumur lantaran takut jika turut keracunan.

“ Korban sebenanya sudah naik, dan sampai di tengah jalan, korban jatuh akibat kondisi fisik yang melemah akibat menghirup gas beracun,” ujar Tri, Minggu (05/01/2020).

Baca Juga :  Jelang HUT TNI Ke 75, Digelar Lomba Menembak Di Bukit Mongkrang Tawangmangu. Dibuka Oleh Danjen Kopassus, Ini Pesannya!

Tim SAR yang tiba di lokasi, langsung melakukan evakuasi terhadap korban. Dengan menggunakan tabung udara, salah satu anggota SAR masuk ke dalam sumur dan mengangkat jasad korban.

“Satu anggota kita masuk ke dalam sumur dan berhasil mengangkat jasad korban. Berdasarkan hasil visum yang dilakukan oleh tim dokter Puskesmas Jaten. Korban meninggal dunia akibat menghirup gas beracun yang berada di dalam sumur,” pungkasnya. Wardoyo