JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Komandan Kodim Surakarta Bersilaturahmi dengan Warga Lewat Subuh Berjamaah

Komandan Kodim 0735 Surakarta, Letkol Inf Wiyata S Aji saat berbicara di depan jamaah shalat subuh di Masjid Balai Muhammadiyah, Jumat (10/1/2020).

SOLO (JOGLOSEMARNEWS.COM )-Komandan Kodim 0735/Surakarta, Letkol Inf Wiyata S Aji punya cara berbeda dalam melakukan pendekatan kepada masyarakat di Kota Solo. Selain menyapa masyarakat dengan pendekatan yang sudah biasa dilakukan, Wiyata juga punya program khusus bersilaturahmi kepada masyarakat di pagi buta melalui Shalat Subuh berjamaah bersama warga secara berkeliling.
Shalat subuh berkeliling ke masjid-masjid yang ada di Kota Surakarta ini sudah dilakukan oleh Letkol Wiyata S Aji tidak lama semenjak dirinya menjabat sebagai Komandan Kodim 0735 Surakarta. Biasanya kegiatan shalat subuh bersama warga tersebut ia lakukan di hari Rabu dan Jumat sepanjang tidak ada tugas luar kota. Dia akan mendatangi masjid secara acak.
“Kami bisa beribadah sekaligus bisa bersilaturahmi dan menyapa warga. Karena usai shalat subuh biasanya kami lanjutkan dengan sharing dengan warga atau jamaah setempat. Malahan kadang juga dilanjutkan sarapan bersama, pokoknya suasana santai dan penuh keakraban. Tidak formal, karena ini memang tujuan utamanya beribadah shalat subuh bersama. Jadi ibadah dapat, silaturahmi dapat,” ungkap Wiyata kepada Joglosemarnews, suatu kali.
Seperti yang dilakukan oleh Letkol Wiyata S Aji pada Jumat (10/1/2020) kemarin. Ia ditemani beberapa staf dari Kodim Surakarta menyapa jamaah Masjid Balai Muhammadiyah di kawasan Keprabon. Wiyata datang bersama jajarannya ikut menunaikan shalat subuh di Masjid Muhammadiyah itu. Usai menunaikan shalat subuh berjamaah, mereka kemudian bersantap sarapan bareng-bareng dengan jamaah yang lain.
“Tujuan utama kami adalah ingin silaturahmi dengan warga masyarakat dengan pendekatan lewat shalat subuh berjamaah karena ini juga merupakan salah satu amalan yang baik,”ungkap Letkol Inf Wiyata S Aji.
Ditambahkannya, dengan kegiatan ini, dia juga punya harapan pihaknya bisa memperkuat peran masjid dalam menjaga keamanan dan kerukunan beragama yang ada di kota Surakarta. Menurut Wiyata kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap hari Rabu dan Jumat. “Jadi setiap hari Rabu dan Jumat berpindah-pindah di setiap kecamatan. Kalau hari Jumat biasanya Koramil yang melaksanakan. Jadi berpindah-pindah, dan setiap Jumat Danramil mengadakan di kecamatan masing-masing di masjid yang berbeda-beda setiap Rabu dan Jumat,”ungkap Wiyata seraya menambahkan kegiatan ini sudah dilakukan kurang lebih kurang 4 bulan.
Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surakarta menyambut gembira atas kehadiran Dandim beserta jajarannya pada shalat subuh bersama dengan masyarakat Kota Surakarta khususnya di Masjid Balai Muhammadiyah.
”Mudah-mudahan dengan kehadiran beliau bersama jajarannya akan lebih mendekatkan antara masyarakat dan pemerintah terutama dari jajaran TNI. Kami berharap pada Letkol Wiyata tidak terbatas pada subuhan saja tetapi pada hari-hari yang lain bisa selalu bisa hadir di keluarga besar Muhammadiyah,”harap Wahid Ismanto, Ketua Majelis Tabligh PDM Surakarta.(Syahirul)

Baca Juga :  Semakin Marak, Kapolresta Solo Tegaskan Aksi Balap Lari Liar Dilarang