JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Puluhan Kambing Milik Warga Pacitan Mati Dengan Luka Tercabik-cabik, Diduga Dimangsa Binatang Misterius

Ilustrasi binatang misterius. pixabay

PACITAN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Puluhan kambing milik warga di Desa Kalipelus dan Desa Klesem, Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan, mati secara misterius. Penyebab kematian puluhan hewan ternak tersebut diduga akibat diserang hewan buas.

Saat ditemukan, kondisi tubuh kambing itu mengalami luka tercabik-cabik.

Kepala BPBD Pacitan, Didik Alih Wibowo mengatakan, serangan diduga hewan buas terhadap ternak warga di Kecamatan Kebonagung masih terjadi.

“Terakhir, dini hari tadi, ada tiga ekor kambing milik warga yang ditemukan mati diduga diterkam hewan buas,” kata Didik ketika dikonfirmasi Kamis (23/1/2020) siang,

Dia menuturkan, diduga puluhan ekor kambing milik warga ini diserang sekelompok anjing liar. Meski demikian, tidak ada satupun warga yang melihat saat kejadian.

Baca Juga :  Beberapa Elemen Masyarakat Dukung Penundaan Pilkada Serentak 2020

“Tadi malam, saya bersama tim BPBD berada di lokasi. Menurut keterangan warga, yang menyerang hewan ternak mereka sekelompok anjing liar,” jelas dia.

“Tapi mereka juga belum pernah melihat langsung saat hewan liar ini diseerang,” katanya.

Didik menjelaskan, warga tidak mengetahui saat kejadian karena sebagian besar lokasi kandang kambing dengan rumah warga berjarak sekitar satu hingga dua kilometer. Warga memang sengaja menempatkan kandang berjauhan dari rumah.

Hal ini menyebabkan, warga kesulitan memantau hewan ternak di kandang. Didik menambahkan, ajing liar ini menyerang kambing peliharaan warga pada malam hari.

Baca Juga :  Bersepeda Kini Diatur dalam Permenhub, Sanksi bagi yang Melanggar Diserahkan ke Pemda: Bisa dengan Sita Sepeda

Serangan hewan buas terhadap ternak, lanjut Didik, sudah pernah terjadi beberapa tahun silam. Diduga, para anjing liar ini menyerang hewan ternak karena kelaparan.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, BPBD Pacitan meminta kepada warga agar memindahkan ternak di dekat rumah. Selain itu, warga juga diminta membuat kandang yang lebih aman dengan memasang jaring.

Sedangkan penyebab hewan buas ini menyerang kambing milik warga diduga karena lapar. Ya mungkin karena faktor kekeringan. Karena hujan di Pacitan saat ini belum terlalu deras,” ucap dia.

“Binatang itu mungkin dalam rangka mencari makan,” imbuhnya.

www.tribunnews.com