JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Terungkap, Ini Ternyata Penyebab Sungai Kaliancar Selogiri Wonogiri Sering Meluap dan Jadi Banjir. Diketahui Saat Digelar Susur Sungai Menggunakan Perahu

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sungai Kaliancar yang membelah sejumlah desa di Kecamatan Kaliancar Wonogiri kerap dikeluhkan. Pasalnya selain berwarna keruh, alirannya kurang lancar.

Bahkan beberapa tahun lalu kerap terjadi banjir hingga menggenangi pemukiman dan lahan, dampak tidak mampunya sungai menampung volume air. Sadar dengan hal itu, sejumlah pihak menggelar survei Sungai Kaliancar. Aliran sungai yang melintasi Kaliancar-Gemantar-Jaten tersebut disusuri menggunakan perahu.

Terpantau survei diikuti Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Imron Masyhadi,
Wakapolres Wonogiri Kompol Adi Nugroho, Kapolsek dan Danramil Selogiri serta relawan. Survei dilaksanakan untuk mengetahui kondisi dan fungsi sungai yang melintas di tengah Kecamatan Selogiri dan merupakan hulu Bengawan Solo sepanjang 5 kilometer itu.

Baca Juga :  Baru Tahu Ternyata Cakupan ASI Eksklusif Masih di Angka 48 Persen Padahal Bisa Meningkatkan Imun Bayi Lho

Wakapolres, Sabtu (18/1/2020) mengungkapkan sejumlah hal usai survei pada Jumat pekan ini. Ternyata didapati fakta yang menjadi penyebab aliran sungai keruh dan tidak lancar.  Di antaranya banyak sampah yang dibuang oleh warga. Sehingga membuat keruh dan kurang lancarnya arus sungai.

Baca Juga :  Update COVID-19 Wonogiri, Masuk Zona Kuning 193 Pasien Sembuh Belasan Lainnya Masih Dirawat di Rumah Sakit

“Ada pula penyempitan luas sungai akibat bangunan dan penanaman pohon di tepiannya,” jelas dia.

Selain itu, posisi sungai berliku-liku. Banyaknya rumpun bambu ori yang roboh ke sungai.

“Dari beberapa hambatan tersebut tidak menutup kemungkinan adanya banjir yg mengancam warga apabila musim penghujan tiba,” kata Walapolres.

Dalam survei itu, dilaksanakan pula pemberdihan sungai. Hasil survei akan dikoordinasikan ke pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya untuk pengambilan kebijakan ke depannya. Aria