JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Terungkap, Virus Distemper Jadi Penyebab Puluhan Kucing Piaraan Warga Karanganyar Mendadak Mati Misterius. Begini Penjelasan Dinas!

Petugas saat memeriksa bangkai kucing yang mati mendadak di Karanganyar. Foto/Istimewa
   
Petugas saat memeriksa bangkai kucing yang mati mendadak di Karanganyar. Foto/Istimewa

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Kasus kematian mendadak puluhan kucing warga Desa Jaten, Karanganyar akhirnya terungkap.

Pengawas Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan-(Dispertan PP) Karanganyar, Sutiyarmo, mengatakan pihaknya memang menerima laporan perihal kematian mendadak kucing-kucing piaraan sejumlah warga.

Usai menerima laporan tersebut Dispertan PP langsung melakukan pemeriksaan lapangan. Hasilnya, petugas mendeteksi kematian mendadak kucing-kucing itu karena terinfeksi virus distemper.

“Saat dilakukan pengecekan lapangan, kami sempat menemukan dua ekor kucing yang sedang sakit dan langsung dilakukan observasi. Dari hasil pemeriksaan, penyebab kematian puluhan kucing tersebut, karena penyakit  Distemper yang disebabkan oleh virus . Kami memastikan bahwa virus ini penularannya antar sesama hewan dan tidak membahayakan manusia,” paparnya kepada wartawan, Rabu (29/1/2020).

Sutiyarno menguraikan penyakit Distemper yang disebabkan oleh virus itu memiliki karakter menyerang hewan peliharaan, terutama kucing. Biasanya virus distenper menyerang ada saat terjadinya perubahan musim.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

“Kami menyarankan kepada warga pemilik hewan peliharaan, untuk sementara membatasi ruang gerak hewan peliharaannya. Terutama kucing dan memasukkannya ke dalam kandang, menjaga kebersihan hewan dan memberikan vaksin,” pungkasnya.

Sebelumnya, puluhan kucing warga
diketahui mati mendadak secara misterius. Kematian mendadak kucing peliharaan warga ini tak pelak membuat panik sebagian pemiliknya.

Informasi yang dihimpun JOGLOSEMARNEWS.COM , puluhan ekor  kucing ini mati mendadak dalam kurun dua hari terakhir mulai hari Minggu 26 Januari hingga 27 Januari 2020.

Kematian mendadak kucing ini, tersebar di sejumlah rukun  warga di Perumahan Josroyo Indah. Di antraanya di  Rt 09 Rw 16 sebanyak 15 ekor, Rt 10 Rw 16 sebanyak 3 ekor, Rt 14 Rw 16 1 ekor.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

Tak hanya itu, di Dusun Tegal, Jaten,  sebanyak 10 ekor kucing milik warga setempat juga mati mendadak.

Salah satu warga Dusun Tegal, Jaten, Ahmad Ludiyanto mengatakan, sebelum diketahui mati, lima ekor kucing peliharaannya tersebut, terlihat lemas, muntah, diare dan tidak mau makan.

Tidak berselang lama, tiga dari lima kucing peliharaannya kemudian mati. Setelah itu disusul dua ekor lainnya juga meregang nyawa sehari kemudian.

Hal senada juga dikatakan Joko Dwi Hastanto, warga setempat. Kelima ekor kucing peranakan Anggora miliknya juga bertumbangan mati mendadak.

“Gejala awalnya, lemas, muntah, tidak mau makan. Tidak lama kemudian, kelima kucing saya mati,” ujarnya, Rabu (29/01/2020). Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com