JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

3 Perusahaan Asing Ditujuk Jadi Konsultan Ibu Kota Baru

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan usai menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, 12 November 2019 / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Tiga perusahaan asing telah ditunjuk menjadi konsultan pembangunan ibu kota baru. Ketiga konsultan itu adalah McKinsey, Nikken Sekkei, dan Aecom.

Demikian dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan.

“McKinsey ini ditunjuk oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Nikken Sekkei dipakai Masayoshi Son dan Aecom dari Amerika Serikat (AS),” ujar Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Jumat (28/2/2020).

Baca Juga :  Temuan Jerigen di Lantai 6 Kejaksaan Agung, Bareskrim: Itu Hanya Perlengkapan Kerja

Keputusan tersebut diambil pemerintah bersama dengan dewan pengarah ibu kota baru yakni; eks Perdana Menteri Inggris Tony Blair dan CEO Softbank Masayoshi Son.

Luhut menjelaskan, Aecom dan Nikken Sekkei akan menjadi konsultan desain pembangunan ibu kota. Sementara McKinsey menjadi konsultan dalam pembentukan master plan ibu kota baru.

Baca Juga :  Banjir Menerjang, 49 RT dan 23 Jalan di Jakarta Terendam

Tiga perusahaan ini dipilih karena memiliki pengalaman dalam membuat desain kota-kota besar.

“Dengan begitu nanti desainnya akan benar-benar detail,” kata Luhut.

Kendati telah memilih tiga perusahaan asing sebagai konsultan, Luhut memastikan pemenang sayembara desain ibu kota baru akan tetap ikut serta dalam merancang ibu kota negara.

www.tempo.co