SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Pasca perekrutan Panwas Kecamatan (Panwascam), Badan Pengawas Pemilu( Bawaslu) Kota Surakarta mulai ?melakukan persiapan perekrutan pengawas Pilkada di tingkat kelurahan yakni Panwaslu Kelurahan.

Ketua Bawaslu Kota Surakarta, Budi Wahyono ditemui di Kantor Bawaslu Surakarta Jalan Panembahan 2 Penumping Surakarta, menyebutkan hal ini telah sesuai dengan amanat Undang-undang 10 tahun 2016 tentang Pilkada maupun Undang-Undang 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum.

“Sesuai petunjuk teknis dari Bawaslu Provinsi Jawa Tengah pengumuman rekrutment Panwaslu Kelurahan mulai dilaksanakan sejak Senin (10/2/2020). Kami menginstruksikan secara serempak agar seluruh panwascam di lima Kecamatan mengumumkan rekrutment tersebut baik melalui papan pengumuman di kecamatan, kelurahan maupun di akun media sosial mereka. Karena sesuai tahapan, pengumuman dilaksanakan mulai 10 sampai 16 Februari,” terang Budi Wahyono, Senin (10/2/2020).

Baca Juga :  Gerak Cepat, Gibran Akan Temui Tokoh-tokoh Usai Hadiri Penetapan Pemenang Pilpres di KPU Besok

Setelah pengumuman jadwal pendaftatan, akan diteruskan dengan jadwal penerimaan dan penelitian berkas administrasi akan dilaksanakan mulai tanggal 16 hingga 22 Februari 2020 mendatang.

”Tadi kita juga monitor di tiap kecamatan dan memang sudah tertempel semua pengumuman tentang rekrutment panwas kelurahan ini. Unsur profesionalitas dan tranparansi dalam rekrutment mutlak diperlukan,” imbuh Budi.

Sementara itu, jumlah panwaslu kelurahan yang akan direkrut nantinya adalah sebanyak 54 personil atau satu orang per kelurahan. Bagi warga Surakarta yang ingin mendaftarkan diri sebagai panwaslu kelurahan bisa menghubungi kecamatan masing-masing wilayah. Adapun syarat menjadi anggota Panwaslu Kelurahan, usia minimal 25 tahun dan pendidikan akhir SMA/SMK sederajat. Integritas dan loyalitas dalam bekerja merupakan hal mutlak dalam perekrutan kali ini. Selain itu, kemampuan penggunaan teknologi informasi secara online saat ini menjadi salah satu pertimbangan dalam perekrutan panwas kelurahan oleh panwascam.

Baca Juga :  Meymey Goes To Kampoeng Gelar Seminar "Kiat Wanita Sukses: Ikhtiar Menjemput Rejeki, Memantaskan Usaha"

“Yang jelas yang kita cari nanti adalah yang bisa bekerja dengan baik dan profesional, menjunjung integeritas dalam hal mengawasi. Selain itu kemampuan penggunaan teknologi berbasis internet merupakan pertimbangan penting dalam perekrutan panwas kelurahan kali ini,” tukas Budi. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com