JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Nekat Banget, Hanya Demi Foto Bareng Ganjar, 2 Difabel Ini Rela Ngontel dari Aceh

   
Foto/Humas

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kedatangan tamu istimewa di rumah dinasnya, Puri Gedeh Kota Semarang, Minggu (9/2/2020). Dua tamu tersebut adalah penyandang disabilitas asal Banyuwangi, Jawa Timur.

Yang membuat istimewa, dua pesepeda difabel bernama Nanang Setyawan (28) dan Erwin Aditya Nur Hakiki (25) ini touring dari Banyuwangi hingga ke Aceh. Saat hendak pulang dari Aceh ke Banyuwangi, keduanya menyempatkan diri mampir ke rumah dinas Ganjar.

“Pengin ketemu Pak Ganjar, pengin foto bareng. Soalnya saya tahu Pak Ganjar juga hobi sepedaan. Beliau juga orangnya baik, merakyat, sopan kepada siapapun,” kata Nanang.

Sebelum bertemu Ganjar, Nanang menceritakan kisah perjalanannya. Nanang yang tunadaksa itu mengayuh sepeda tuanya dari Banyuwangi menuju Aceh pada Juli 2019 hanya menggunakan satu kaki. Berbekal uang saku Rp 3 juta, Nanang mengajak Kiki yang mengalami tunarungu dan tunawicara, menyusuri ribuan kilometer jalanan dari Banyuwangi ke Aceh.

Di setiap kota yang disinggahi, mereka selalu disambut oleh para pecinta sepeda tua. Namun terkadang, apabila kota masih jauh dan lelah sudah melanda, mereka rela tidur di SPBU atau tempat lainnya, hingga tiba di titik nol kilometer Aceh pada 3 Desember 2019.

Baca Juga :  Empat Pria Setengah Mabuk Aniaya Pemilik Café di Semarang Diringkus Polisi

“Banyak sekali suka dukanya. Sukanya bisa ketemu banyak saudara baru sesama pecinta sepeda ontel. Dukanya ya itu, ban pecah, tidur di pom bensin, rantai lepas, rem blong sampai jatuh ke semak-semak, dan sebagainya,” imbuh Nanang, tersenyum.

Selain penasaran dengan Pulau Sumatera, Nanang dan Kiki juga mengemban misi penting. Keduanya ingin memberikan semangat kepada teman-temannya penyandang disabilitas agar tetap semangat dan tidak putus asa.

“Selain mencari saudara, perjalanan saya ini juga untuk memotivasi teman-teman seperti saya agar selalu semangat menjalani kehidupan sehari-hari. Mereka tidak boleh putus asa dan tetap menjalani hidup dengan semangat, tetap memberikan yang terbaik,” pungkas Nanang.

Saat menemui kedua pesepeda tersebut, Ganjar langsung mengacungkan dua jempolnya. Ia tidak menyangka, dua difabel asal Banyuwangi ini mampu bersepeda sampai titik nol kilometer di Aceh.

“Mereka berdua istimewa. Luar biasa hebat. Saya heran, ini karena nekat, ora duwe gawean (tidak punya pekerjaan) atau apa ya. Apalagi mas Nanang ini, mengayuh hanya pakai satu kaki, aku wae ora kuat (saya saja tidak kuat),” canda Ganjar.

Baca Juga :  Lakukan Balapan Liar di Ungaran, Puluhan Pemuda Dihukum Menuntun Motor Mereka ke Polres Semarang

Meski begitu, Ganjar salut dengan kehebatan dua difabel asal Banyuwangi ini. Apalagi, selain untuk mencari saudara, keduanya mengusung misi penting dalam memberikan semangat kepada para penyandang disabilitas lainnya.

“Kerenlah pokoknya. Mereka berdua penyandang disabilitas menyemangati rekan-rekannya dengan bersepeda. Mereka mau mengatakan, jangan patah hati dan tetap semangat kepada para penyandang disabilitas lainnya,” imbuh Ganjar.

Pertemuan Nanang, Kiki, dan Ganjar, berlangsung menyenangkan. Selain mengorek cerita selama perjalanan, Ganjar juga menggoda apakah keduanya bertemu dengan perempuan cantik, mengingat keduanya belum menikah.

Sambil tersipu malu, Nanang dan Kiki menceritakan mereka menemukan banyak perempuan cantik.

Namun yang menarik hati Nanang adalah gadis cantik asal Jambi bernama Putri. Dengan iseng, Ganjar pun meminta foto Nanang dengan Putri.

“Cantik ternyata, pinter kamu. Mbak Putri, Mas Nanang naksir kamu,” canda Ganjar disambut tawa Kiki. Sementara Nanang hanya tersipu malu. JSnews

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com