JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Aneh, Sumur Milik Warga Cimahi Ini Keluarkan Uap Panas

Ridwan saat menunjukkan sumur yang mengeluarkan uap panas di kediaman orangtuanya, Senin (03/2/2020) / tribunnews

CIMAHI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sumur milik Hambali (68) dan istrinya Aisah (67), warga Jalan Kihapit Barat RT 02/09, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi ini menunjukkan fenomena aneh.

Keanehan itu adalah munculnya uap panas dari dalam lubang sumur tersebut.

Ridwan Fauzi, anak dari Hambali saat ditemui Tribun Jabar di lokasi (03/2/2020) menjelaskan bahwa usia sumur tersebut sudah 47 tahun.

“Orangtua sadarnya hari Rabu, kami sepakat untuk tidak melaporkan, kami menunggu sampai Kamis siang, jika masih ada uap panas, maka kami laporkan ke pihak RT. Ternyata sampai Kamis siang, uap tersebut masih terasa dan terlihat muncul dari dalam sumur,” kata Ridwan Fauzi, Senin (3/2/2020).

Ridwan menjelaskan, sejak Rabu hingga Jumat, suhu air yang diambil dari dalam sumur mencapai 42 derajat celcius.

Baca Juga :  Merasa Bantuan Kuota Internet dari Kemdikbud Kurang, Banyak Warga Mengadu ke KPAI

Namun, saat Tribun Jabar menyambangi lokasi, Ridwan memperlihatkan suhu air dari dalam sumur sudah turun menjadi 30 derajat celcius.

Tidak ada aroma seperti bau belerang dari air maupun uap tersebut. Terasa normal, hanya saja saat Tribun mencoba memasukkan tangan ke arah sumur, masih terasa hangat.

“Lihat saja papan penutup sumur ini, masih ada bulir-bulir air, biasanya papan ini kering tanpa lembab sedikitpun,” kata Ridwan sembari meraba papan penutup mulut sumur.

Karena khawatir, Ridwan dan orangtuanya memberitahu kepada pihak berwenang seperti pihak Pertamina dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi.

Pasalnya, berjarak kurang dari 500 meter, terdapat bangunan milik Pertamina untuk gudang penyimpanan tabung gas. Namun, Ridwan mengatakan, sepengetahuannya bangunan tersebut tidak ada pipa gas, hanya digunakan untuk pendistribusian tabung gas.

Baca Juga :  Jokowi: Progam Kartu Prakerja Telah Dinikmati oleh 4,86 Juta Penerima

“Setahu saya sepanjang Jalan Kerkof ini enggak ada pipa gas. Jumat (31/1/2020) pihak Pertamina sudah mengambil sampel air dua jerigen dari sumur. Hasilnya, secara lisan mereka katakan bahwa tidak ada unsur gas dari Pertamina,” katanya.

Saat ditemui Tribun Jabar, Ridwan sedang duduk di samping rumahnya tepatnya di depan ruangan tempat sumur berada.

Ia sedang memeriksa air dari sumur menggunakan alat “Total Dissolve Solid (TDS)”. Berdasarkan penelusuran Tribun, TD merupakan padatan yang terlarut dalam larutan baik berupabzat organik maupun anorganik.

“Hasil TDS nya saat ini 256 dan suhunya 30 derajat celcius,” katanya.

Setelah pihak DLH Kota Cimahi mengambil sampel air pada Kamis (30/1/2020), Ridwan menjelaskan bahwa hasilnya diketahui seminggu setelah pengambilan sampel.

Menunggu hasil atau unsur yang terkandung dalam air tersebut, Ridwan mematikan pompa air untuk sumur tersebut.

www.tribunnews.com