JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Dalam Seminggu ini Sudah 2 Kali Hiu Paus Terdampar di Pantai Kulon Progo, Begini Penjelasan BKSDA

Seekor hiu paus kembali terdampar di perairan selatan di Kulon Progo, Rabu (26/2/2020) sore. Tribunjogja/Istimewa

KULON PROGO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dalam seminggu ini dilaporkan sebanyak dua kali, hiu paus terdampar di pantai Kulon Progo. Penyebab pasti terdamparkan ikan tersebut belum diketahui secara pasti.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA DIY, Untung Suripto, Rabu (26/2/2020) mengatakan bahwa pihaknya belum bisa menyimpulkan penyebab pasti terdamparnya dua hiu paus tersebut.

“Kalau penyebabnya kita belum bisa memastikan, masih terlalu jauh untuk menyimpulkan penyebabnya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Inovasi Helm Gatotkaca yang Mampu Ukur Suhu Tubuh dari Jarak hingga 9 Meter, Digunakan di Polres Banjarnegara

Dia pun menambahkan bahwa saat ini belum bisa dipastikan apakah hiu yang terdampar sore tadi merupakan hiu paus yang terdampar di Glagah beberapa waktu yang lalu.

Terdamparnya hiu paus tersebut saat ini menjadi perhatian bagi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Daerah Istimewa Yogyakarta.

“BKSDA akan terus memonitor hiu paus di perairan selatan DIY,” katanya.

Pihaknya menyampaikan bahwa akan terus melakukan koordinasi dengan mitra dan instansi terkait untuk memantau fenomena terdamparnya hiu paus tersebut.

Baca Juga :  Mantan Walikota Yogyakarta, Herry Zudianto Dinyatakan Positif Covid-19

Sebelumnya seekor hiu paus dilaporkan kembali terdampar di pesisir pantai di perairan Kulon Progo tepatnya di Dusun 1, Kalurahan Garongan, Kapanewon Panjatan, Rabu (26/2/2020).

Hal ini dibenarkan oleh Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Kulon Progo, Aris Widatmoko.

Menurutnya peristiwa itu pertama kali diketahui oleh warga sekitar bernama Sumijo (53) yang tengah menjaring ikan di lokasi tersebut.

www.tribunnews.com