JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Geger Mobil Kijang di Garasi Warga Kebumen Mendadak Bisa Meledak dan Terbakar Hebat. Begini Penjelasan Polisi!

Foto/Humas Polda
Foto/Humas Polda

KEBUMEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Diduga korselting listrik, kendaraan mobil Toyota Kijang hangus terbakar. Peristiwa menggemparkan ini terjadi sekira pukul 05.45 WIB Sabtu (8/2/2020).

Sebelum kejadian, pemilik rumah Kurniasih (47) sempat mencium bau gosong di kenderaan kesayangannya, saat diparkir di garasi rumahnya di Desa Sidoagung, Kecamatan Sruweng, Kebumen.

“Kebakaran diketahui pemilik ketika mobil mengeluarkan bau gosong. Setelah dibuka pintu bagian kanan depan, ternyata api sudah mulai membesar,” kata Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan saat dikonfirmasi melalui Kasubbag Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman dilansir Tribratanews Polda Jateng.

Baca Juga :  I’am Pelgading, Wisata Alam Nan Menakjubkan

Pemilik yang panik selanjutnya teriak minta tolong. Warga yang melihat kejadian itu segera memadamkan api dengan alat seadanya dan menjauhkan kendaraan dari bangunan rumah.

Tim Pemadam Kebakaran yang datang ke TKP segera memadamkan api, sebelum menjalar ke bangunan rumah warga.

Dari hasil olah TKP yang dilakukan oleh Polsek Sruweng, kebakaran terjadi karena korselting listrik.

“Akibat peristiwa itu, korban diperkirakan mengalami kerugian satu unit kendaraan Toyota Kijang dengan nilai 40 Juta Rupiah,” tuturnya.

Baca Juga :  Bangkitkan Sektor UMKM, Gubernur Ganjar Pranowo Jalin Kerjasama dengan TVRI

Meskipun jarang terjadi, mobil tiba-tiba terbakar merupakan hal yang harus diwaspadai setiap pemiliknya.

Kendaraan yang telah berumur harus dilakukan pengecekan kembali instalasi listriknya. Hal ini bertujuan untuk memastikan tidak ada kabel yang terkelupas karena usia pemakaian.

Perhitungkan dengan benar saat hendak memodifikasi mobil. Apalagi yang menyangkut sistem kelistrikan seperti mengubah sistem audio. Jika tak benar, tindakan ini juga bisa memicu kebakaran.

Kendaraan tua akan lebih aman dicabut akinya saat diparkir lama, atau lama tidak digunakan. JSnews