JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Gubernur Ganjar Tegas Tolak Warga Mantan Anggota ISIS Pulang ke Jateng. Ini Alasannya!

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Alkhairaat Biromaru di Desa Mpanau Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah / tempo.co
   

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta pemerintah mengkaji ulang rencana pemulangan eks ISIS ke tanah air.

Ganjar mengatakan,  dirinya menolak  menolak rencana pemulangan WNI yang telah bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS.

Ganjar menyebut ada warga Jawa Tengah yang telah bergabung ISIS di Suriah. Namun, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu tak mengharap mereka kembali.

Baca Juga :  Komplotan Perampok Spesialis Toko Emas Bersenpi Dibekuk Polda Jateng Setelah Ditembus Timah Panas

“Yang saya tunggu kembali ke tanah air itu WNI asal Jateng yang sukses di luar negeri. Bukan mereka,” kata dia, Jumat (7/2/2020).

Menurut dia warga Indonesia yang berafiliasi ISIS di luar negeri bukanlah tanggung jawa pemerintah.

Pasalnya, mereka secara sengaja keluar dari Indonesia. Mereka juga ada yang membakar paspor sebagai tanda kewarganegaraan Indonesia.

WNI eks ISIS kini terkatung-katung di kamp tahanan di Suriah setelah runtuhnya organisasi pimpinan Abu Bakr Al-Baghdadi tersebut.

Baca Juga :  Golkar Dorong Pasangan Ahmad Luthfi – Wihaji dalam Pilgub Jateng Nopember Mendatang

Mereka meninggalkan Indonesia karena tergiur kemakmuran yang ditawarkan ISIS.

Menurut Ganjar pihaknya kini juga menjalankan program deradikalisasi untuk para nara pidana terorisme.

Berdasarkan penuturan para narapidana terorisme (napiter), orang yang berideologi ISIS sangat berbahaya bila tanpa pendampingan yang benar.

“Makanya kami ngurusi yang sudah ada saja. Kami bina mereka. Itu saja sekarang butuh energi banyak, apalagi kalau ketambahan mereka,” tutur Ganjar.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com