JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Luar Biasa, Aneka Bibit Pohon Ditanam Secara Mandiri di Wilayah Kecamatan Giritontro. Sasarannya Mulai Lahan Kritis Area Konservasi Turus Jalan Hingga Demplot

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah Kecamatan Giritontro Wonogiri bersama seluruh elemen masyarakat Giritontro melaksanakan penanaman aneka bibit pohon secara mandiri.

Dalam rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (21/2/2020), penanaman bibit pohon itu sejalan dengan program pemerintah utamanya di bidang kehutanan, yaitu rehabilitasi lahan kritis. Pengadanaan bibit pohon didukung sepenuhnya oleh Ir. Saptarsono dari CV. Agroforestry Indonesia.

Jenis bibit yang diberikan berupa bibit tanaman buah-buahan unggul okulasi ( Durian, Kelengkeng, Rambutan, Jambu Kristal), bibit tanaman unggulan lokal (Duwet), dan bibit tanaman kayu keras.

Penanaman dilakukan di sejumlah lokasi. Untuk turus jalan areal Jalur Lintas Selatan dan sekitar kantor Kecamatan, serta sekitar Kantor Desa ditanami Tabebuya. Areal konservasi sekitar embung ditanam jenis bibit Duwet, Jabon, Sengon Wamena.

Baca Juga :  10 Ahli Waris Perangkat Desa di Wonogiri Terima Santunan Jaminan Kematian dari BP JAMSOSTEK Cabang Utama Surakarta

Khusus areal kritis milik rakyat, ditanami
Sengon Wamena. Dan bibit buah-buahan unggul ditanam untuk demplot.

Camat Giritontro Fredy Sasono menyebutkan, perlu upaya konsisten dalam penanaman pohon. Hal ini didasari terhadap kondisi hutan dan lingkungan di Kecamatan Giritontro, yang berdampak pada kelangkaan air bersih.

Niat dan misi mulia itu disampaikan
kepada Pak Sapto-panggilan akrab Saptarsono-yang kebetulan seorang
wirausahawan di bidang pembibitan tanaman hutan dan hortikultura. Gayung bersambut niatan itu terwujud dan sudah dilaksanakan.

Kegiatan penanaman pohon disambut baik oleh masyarakat Kecamatan Giritontro dibantu TNI dan Polri. Dengan penuh kesadaran mereka menanam pohon di lahan masing-masing dengan jenia pohon produktif penghasil kayu yang cepat menghasilkan yaitu Sengon. Bibit gratis didapatkan dari pak Sapto dan dari BPDASHL Solo.

Baca Juga :  Kasus Pertama Ada Bayi Positif COVID-19 di Wonogiri, Tertular Dari Ibunya yang Juga Terpapar Virus Corona

“Ke depan saya akan giatkan lagi penanaman pohon, dan akan saya instruksikan kepada Lurah dan Kepala
Desa untuk membuat Kebun Bibit Desa (KBD). Sehingga masyarakat bisa mandiri memproduksi Bibit
sendiri,” ujar Fredy Sasono di sela rapat
sosialisasi pembuatan KBD.

Rapat yang digelar di Pendopo Kecamatan Giritontro dihadiri Kepala Desa/ Lurah, Kadus, kelompok tani se Kecamatan Giritontro, dengan narasumber pak Sapto. Aria