JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

SD Marsudirini Juara Lomba Dokter Kecil dan Pesta Siaga

Dok Humas SD Marsudirini Surakarta
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Selama bulan Februari 2020, SD Marsudirini Surakarta meraih dua prestasi kejuaraan sekaligus.

Prestasi pertama sebagai Juara I dalam lomba Dokter Kecil antar sekolah tingkat Kecamatan Pasarkliwon, di bawah binaan Puskesmas Gajahan.

Kedua adalah  Juara III dalam lomba Pesta Siaga tingkat Kecamatan Pasarkliwon, yang diikuti oleh 28 SD  baik swasta maupun negeri.

Humas sekolah, Y Suratno menjelaskan, dengan prestasi di bidang dokter kecil itu, SD Marsudirini bakal maju ke tingkat Kota Surakarta.

Dijelakan, lomba dokter kecil yang berlangsung Kamis (13/2/2020) di UPT Puskesmas Gajahan, SD Marsudirini Surakarta diwakili oleh Gabriel Bisma Rajendra, siswa  kelas V.

Suratno mengatakan, prestasi tersebut tidak lepas dari bimbingan guru pendamping UKS, Martha Yuli Ekowati,  S.Si dan Agustinus Leksono.

Baca Juga :  Pengambilan Bahan Pembelajaran SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Terapkan Protokol Kesehatan

“Selain itu, keberhasilan ini berkat bantuan drg Ony dan dr Enny, MPh selaku komite sekolah yang setia menjadi narasumber sekolah,” ujarnya.

Berkat prestasi tersebut, ujar Suratno, Puskesmas Gajahan akan memberi pelatihan khusus kepada Gabriel Bisma Rajendra di Puskesmas Gajahan.

Sementara itu, dalam lomba Pesta Siaga yang digelar Kamis (27/2/2020) bertempat di SDN Mojo, dimenangkan oleh tim regu putra.

Tim SD Marsudirini ini terdiri dari Dewa,  Kevin,  Vano, Frans,  Jenio,  Diego,  Langit,  Arga,  Lito dan Gabriel.

Dok Humas SD Marsudirini, Surakarta

Salah satu pembina pramuka SD Marsudirini Surakarta, Hendri, S.Pd mengatakan, materi yang dilombakan dalam pesta siaga mencakup 11 pos/kegiatan, yang meliputi pengetahuan,  keterampilan  dan kesenian.

“Lomba ini pun butuh latihan keras dan disiplin. Latihan rutin dilakukan setiap hari sepulang sekolah,” ujarnya.

Baca Juga :  Kelas Cicil Virtual Hadirkan Mahasiswa DKV ISI Surakarta Sebagai Pembicara

Dengan keberhasilan tersebut, ujar Hendri, tim SD Marsudirini Surakarta tersebut bakal maju lagi dalam lomba serupa di tingkat Kota Surakarta, Jumat (13/3/2020) mendatang.

Sementara itu, Kepala SD Marsudirini Surakarta, Dra Fransisca Romana Srilani sangat mengapresiasi keberhasilan para siswa dan guru pendamping yang setia melakukan bimbingan kepada para siswa, sehingga membuahkan keberhasilan.

“Semoga dengan kerja keras,  latihan yang disiplin dan doa yang tulus,  anak-anak kami ini mampu menjadi juara lagi di tingkat Kota Surakarta nantinya,” ujar Srilani berharap.

Atas keberhasilan tersebut, Srilani mengucapkan terima kasih kepada seluruh staf Puskesmas Gajahan yang telah memberikan bantuan kepada pihak sekolah selama ini.

Srilani mengatakan, keberhasilan tersebut tak lepas dari kerja sama yang baik antara sekolah dengan komite. Ia mengatakan, tanpa kebersamaan, sulit bagi sekolah untuk memberikan layanan terbaik pada para siswa. suhamdani