JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Terjadi di Desa Biting Kecamatan Purwantoro Wonogiri, Legislator Pusat Ini Banyak Terima Keluhan Seputar Sektor Pertanian

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Anggota DPR RI Komisi IV FPKB Luluk Nur Hamidah, bertemu dengan Gapoktan di Desa Biting Kecamatan Purwantoro Wonogiri.

Melalui rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , Selasa (25/2/2020), hadir pada pertemuan tersebut para Ketua dan Pengurus Gapoktan juga sejumlah pengurus PKB dan NU.

Pada pertemuan itu mbak Luluk banyak mendapat keluhan dari para pengurus Gapoktan soal sarana dan prasana pertanian khususnya peralatan tanam dan panen.

Seperti yang diusulkan oleh Roso salah satu Ketua Poktan dan mantan Kepala Desa Biting. Dia mengusulkan pengadaan alat pengolah lahan tembakau untuk penghancur tanah Kultitraktor. Dia juga mengusulkan paralonisasi untuk pengairan lahan. Paralonisasi ini bisa mengairi dua Desa yakni Desa Biting dan Desa Kepyar.

Baca Juga :  Program Sunat Gratis di Slogohimo Wonogiri Berlanjut, Sasarannya Tetap Anak Yatim dan Kurang Mampu, Kali ini Dalam Rangka HUT TNI

Koordinator Poktan Desa BitingDidik menyampaikan upaya menanggulangi berkurangnya lahan pertanian karena beralih jadi perumahan. Didik juga berharap program program yang dibawa Mbak Luluk jangan hanya sekedar program, tapi program yang berkelanjutan untuk mengangkat kemandirian petani.

“Di Biting sudah ada Koperasi Petani Jamur Kuping dan Koperasi Peternak, mereka butuh binaan agar lebih berkembang,” jelas dia.

Baca Juga :  Soal Pungutan Untuk Pengadaan Atribut Seragam, Seperti Ini Jawaban Pihak Sekolah, Bupati Berjanji Undang Pihak Terkait

Mbak Luluk menanggapi semua dengan menyampaikan terkait peralatan yang diusulkan untuk petani tembakau akan diupayakan semaksimal mungkin. Menggadang-gadang para petani akan lebih kreatif bahwa produk pertanian bisa diolah menjadi makanan siap saji.

Dia menegaskan harus ada sinergitas antara Poktan dengan pemangku kepentingan di daerahnya masing-masing. Dia juga berharap ke depan akan nada system klaster tanaman dan petani, hal ini bisa mengangkat harkat petani. Aria