JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Asyik Ini, Siswa SMAN 1 Slogohimo Wonogiri Diajari Cara Membuat Pupuk Sendiri. Diajari Juga Cara Membuat MOL Dari Nasi Basi


WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
Koramil 22/Slogohimo bekerjasama dengan SMAN 1 Slogohimo melaksanakan sosialisasi dan pelatihan pembuatan pupuk kompos, Jumat (13/3/2020).

Kegiatan bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan siswa tentang pupuk serta upaya memanfaatkan limbah yang ada disekitar.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula SMA N 1 Slogohimo berupa pembuatan fermentasi pupuk kompos dan pembuatan MOL (Mikro Organisme Lokal) dari nasi basi dan pembuatan arang sekam.

Danramil 22/Slogohimo Kapten Arm Yadiman mengatakan kegiatan dilaksanakan oleh anggotanya yakni Babinsa Koramil 22/Slogohimo Koptu Awaludin dan Koptu Dwi. Pihaknya bekerjasama dengan SMAN 1 Slogohimo untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan.

Baca Juga :  Oalah, Ternyata ini To Manfaat dan Tujuan Penyuluh Agama Islam Non PNS di Wonogiri Ikuti Short Course Dakwah Melalui Media Sosial

“Sosialisasi dan pelatihan yang diberikan berupa pembuatan pupuk kompos dari sisa dapur dan daun kering. Transfer teknologi pembuatan pupuk kompos ini, memberikan manfaat yang besar kepada siswa-siswi SMA N 1 Slogihimo yaitu dengan adanya peningkatan pengetahuan siswa tentang manfaat sisa dapur dan daun kering, sebagai bahan baku pembuatan pupuk kompos organik tanpa bahan kimia sintetis dari pabrik,” kata dia.

Baca Juga :  Demo Tolak HRS di Wonogiri Dibubarkan Polisi, Tim Harimau Datang Pendemo Langsung Kabur

Harapannya, para siswa mengerti dan mencintai pengolahan dengan sistem organik. Sehingga bisa dipraktekan di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.

Koptu Awaludin menyebutkan, banyak keunggulan dari MOL. Di antaranya sederhana dan mudah dengan waktu yang relatif singkat, biaya pembuatan murah karena menggunakan bahan-bahan yang kurang dimanfaatkan dan tersedia di sekitar. Juga biota tanah terlindungi sehingga dapat memperbaiki serta mempertahankan kualitas tanah dan meningkatkan kuantitas dan kualitas produk hasil tanaman. Aria