JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Cina Berikan Buku Panduan Penanganan Corona ke Pemerintah RI

Wakil Ketua Komisi IX Melki Laka Lena menyerahkan hasil kajian pemerintah Cina dalam menangani virus Corona di negaranya kepada Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di RSUP Persahabatan, Jakarta Timur, Sabtu (14/3/2020) / tempo.co
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM
Pemerintah Cina mengatasi ancaman virus corona dengan obat-obatan herbal. Uniknya, beberapa bahan herbal tersebut berasal dari Indonesia.

Hal itu merupakan sebagian dari penanganan virus corona yang terangkum dalam buku panduan, yang kemudian diberikan kepada Pemerintah RI.

Pemerintah Cina menyerahkan buku yang berjudul “Guidence For Corona Virus Disease 2019” ke pemerintah Indonesia, yang diterima oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Buku tersebut berisi pengalaman pemerintah Cina dalam menangani pandemik Corona yang terjadi di Wuhan, Provinsi Hubei.

“Agar pengalaman di Wuhan, yang sudah disampaikan Presiden Cina, bisa jadi pelajaran. Kemenkes tentu punya cara lain dalam menangani Corona, tapi Ini adalah pengalaman Cina dalam penanganan dan pencegahan pasien,” ujar Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melki Laka Lena di RSUP Persahabatan, Jakarta Timur, Sabtu (14/3/2020).

Melki mengatakan mendapat buku itu langsung dari pemerintah Cina. Ia kemudian menyerahkan kepada Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto untuk dipelajari dan menambah pengetahuan tentang virus corona.

Lebih lanjut, Melki mengatakan dalam buku itu disebut pemerintah Cina memanfaatkan obat-obatan herbal untuk menyembuhkan corona. Menariknya, bahan herbal itu dapat ditemukan di Indonesia.

“Obat herbal yang mereka gunakan ternyata ada di Indonesia. Ini tentu jadi buku yang sangat baik dan jadi guidence oleh Indonesia dan seluruh negara,” kata Melki.

Saat ini, Badan Kesehatan Dunia atau WHO telah menetapkan Virus Corona atau Covid-19 sebagai pandemik di seluruh dunia. Di Indonesia, jumlah pasien yang positif terjangkit virus ini hingga Sabtu, 14 Maret 2020 sebanyak 96 orang, dengan 4 orang meninggal, dan 5 orang sembuh.

www.tempo.co

Baca Juga :  Lagi, Kondisi Kesehatan Rizieq Shihab Jadi Sorotan. Ketua Umum PA 212 Sebut Pemimpin FPI Itu Kini Dirawat di RS UMMI Bogor