loading...

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM
Sejak muncul dan merebaknya virus corona, masyarakat kian sulit mendapatkan zat pembersih tangan (hand sanitizer). Banyak apotek yang menempelkan pengumuman di kaca depan, hand sanizer habis.

Padahal para ahli medis mengatakan, jika Anda tidak bisa membersihkan tangan, kuman tidak bisa hilang

“Meskipun ada banyak yang masih belum diketahui tentang COVID-19, kita tahu bahwa itu terutama disebarkan oleh orang sakit melalui tetesan yang dibuat ketika mereka berbicara, batuk dan bersin,” Dr. Robert Quigley MD, direktur medis di International SOS, seperti dilansir dari laman Bustle.

Jika Anda menyentuh permukaan yang memiliki tetesan virus corona di atasnya, kemudian menyentuh wajah Anda, Anda bisa sakit. Desinfektan tangan Anda mengurangi risiko wajah Anda terpapar kuman.

“Sementara menjaga pembersih tangan dalam jangkauan lengan adalah cara sederhana untuk mendisinfeksi tangan saat bepergian, ada beberapa langkah pencegahan lain yang dapat diterapkan untuk melindungi terhadap kemungkinan paparan,” ujar Quigley.

Pandemi seperti virus corona dapat dikendalikan dengan berbagai cara.

“Pendekatan komprehensif untuk mengendalikan infeksi melibatkan imunisasi (mis., Melawan flu); sering mencuci tangan, menggunakan pembersih tangan, batuk di siku atau jaringan, menghindari kontak pribadi yang dekat dengan mereka yang sakit, serta menghindari menyentuh wajah Anda ,” kata Dr. David Cutler, MD, seorang dokter keluarga di Pusat Kesehatan Providence Saint John.

Ini kombinasi dari hal-hal itu, bukan hanya ketergantungan pada tangan yang bersih, yang akan menghentikan penyebaran virus corona di antara orang-orang. Inilah yang perlu diketahui jika Anda tidak memiliki hand sanitizer.

1. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air
Ketika datang untuk mengendalikan penyebaran virus corona, pembersih tangan sebenarnya tidak sama berharganya dengan sabun dan air biasa. “Mencuci tangan dengan sabun lebih efektif daripada menggunakan pembersih tangan,” kata Dr. Robin Patel, M.D., direktur Laboratorium Penelitian Penyakit Infeksi di Mayo Clinic.

Quigley mencatat bahwa mencuci tangan tidak boleh hanya dibatasi pada periode setelah kunjungan ke kamar mandi. “Mencuci tangan harus dilakukan sesering mungkin, terutama sebelum Anda makan dan minum serta sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan, dan setelah menyentuh hidung dan mulut Anda,” katanya. Mencuci tangan juga disarankan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegan Penyakit atau CDC setelah menyentuh benda yang ditangani oleh banyak orang, menangani sampah, atau membersihkan tempat.

2. Jika Anda mengganti hand sanitizer dengan sabun dan air, ingatlah untuk mengeringkannya juga
Ini mungkin bukan langkah yang paling penting, tetapi mengeringkan tangan setelah selesai mencuci penting untuk menghindari virus corona. “Tanganmu yang basah bisa meneteskan air yang terinfeksi bakteri,” kata Cutler. “Apa pun yang disentuh tangan basahmu bisa terkontaminasi.” Setelah setiap mencuci tangan, tangan harus dikeringkan dengan handuk bersih atau pengering udara yang tidak perlu disentuh.

3. Hindari menyentuh wajah jika tidak bisa membersihkan tangan
Meskipun mungkin kasar, menghindari menyentuh wajah Anda bisa sama pentingnya dengan pembersih tangan untuk menghindari virus corona. “Menyentuh wajah, mulut, hidung dan mata berbahaya karena memungkinkan kuman di tangan Anda mencapai jaringan permukaan yang lembab dan keropos,” kata Cutler. “Salah satu tipnya adalah sering-sering memberi pengingat ke ponselmu setiap beberapa menit.” Quigley juga merekomendasikan untuk berhati-hati dalam menyentuh wajah setelah Anda menyentuh sesuatu yang banyak orang lain telah sentuh, seperti pegangan atau pegangan pintu.

4. Desinfektan lingkungan Anda dengan sanitasi lainnya
Bahkan jika Anda berlatih menjaga jarak sosial untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari virus korona, adalah ide yang baik untuk mendisinfeksi rumah dan ruang kantor Anda, kata Quigley.

“Jaga kebersihan lingkungan Anda, dan berikan perhatian khusus pada hal-hal yang sering disentuh, seperti kenop pintu dan sakelar,” katanya. Area umum perlu didesinfeksi secara teratur, dan sekarang bukan waktu terbaik untuk berbagi makanan, minuman, atau membagikan telepon Anda. “Berbagi barang pribadi apa pun dapat meningkatkan risiko infeksi pada saat-saat di mana Anda mungkin tidak dapat segera mencuci tangan,” kata Quigley.

5. Jangan mencoba membuat hand sanitizer di rumah
Sungguh luar biasa bahwa ini perlu dikatakan, jangan membuat pembersih atau hand sanitizer sendiri di rumah jika Anda ingin menjaga terhindar dari virus corona. Sabun dan air putih biasa sangat efektif, dan semprotan atau pembersih permukaan antibakteri standar akan membantu membersihkan semua permukaan tanpa perlu disinfektan buatan sendiri secara drastis.

www.tempo.co

Baca Juga :  Masker Hanya Satu Ukuran, Lantas Apa Anak Perlu Memakainya?