JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Update Terbaru Kasus Corona Jateng, 1.005 Orang Berstatus ODP, 42 Pasien Dirawat, 6 Positif dan 2 Meninggal Dunia

Gubernur Ganjar Pranowo. Foto/Humas Jateng
   
Gubernur Ganjar Pranowo. Foto/Humas Jateng

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM Provinsi Jawa Tengah, kembali mengonfirmasi satu kasus kematian karena virus Corona (Covid-19), Selasa (17/3/2020).

Pengumuman itu disampaikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Yulianto Prabowo.

Kepada wartawan, Gubernur mengatakan pasien positif Corona asal Semarang meninggal pada Selasa dinihari pada pukul 03.48 WIB.

Sebelum dinyatakan positif, ia sempat dirawat di rumah sakit karena keluhan penyakit lain, selama sepuluh hari.

Sejauh ini, total ada enam kasus positif Corona di Jateng. Dua orang di antaranya meninggal, sementara empat orang lainnya masih dalam perawatan.

Empat pasien positif Corona yang masih dirawat, yaitu dua orang di RSUD dr Moewardi Solo, satu orang di RSUP dr Kariadi Semarang, dan satu orang di RS Tidar Magelang.

“Yang meninggal, warga Semarang. Dirawat di Kariadi, dinyatakan positif Corona,” tuturnya.

Data Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, sampai hari Selasa, jumlah ODP (orang dalam pengawasan) terkait Covid-19 sebanyak 1.005 orang.

Baca Juga :  Lakukan Balapan Liar di Ungaran, Puluhan Pemuda Dihukum Menuntun Motor Mereka ke Polres Semarang

Yang masuk kategori pasien dalam pengawasan (PDP) ada 69 orang, yakni masih dirawat 42 orang, dan yang sudah dinyatakan sehat 24 orang. Sebanyak tiga orang meninggal tapi negatif Corona.

Ganjar menyatakan pemerintah provinsi tetap menjamin kesehatan warganya dari kasus tersebut.

Untuk itu dia menginstruksikan jajarannya untuk melakukan penyelidikan epidemiologi dan menelusuri orang-orang yang pernah teridentifikasi berdekatan dengan pasien positif Corona. Sehingga dapat menyekat sebaran Covid-19 agar tidak meluas.

Gubernur berharap masyarakat berpartisipasi memberikan informasi, serta memeriksakan kesehatan, khususnya jika ada riwayat berdekatan dengan pasien, atau pernah mengunjungi wilayah terdampak Corona.

Pemeriksaan tahap awal dan konsultasi terkait Covid-19 atau indikasi Corona, bisa dilakukan di tujuh rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. JSnews

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengungkapkan, dari 1.005 ODP, mereka telah dikarantina di rumah mereka masing-masing.

Sementara, mereka yang positif corona, kini tengah mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Ia menjelaskan, pasien positif Corona asal Semarang meninggal pada Selasa dinihari pada pukul 03.48 WIB. Sebelum dinyatakan positif, ia sempat dirawat di rumah sakit karena keluhan penyakit lain, selama sepuluh hari.

Baca Juga :  Pabrik Pil Koplo Beromzet Triliunan Rupiah di Semarang Digerebek BPOM

“Di Solo, kini merawat dua orang positif Corona. Mereka pernah berhubungan dengan pasien positif yang habis seminar di Bogor. Dengan kemarin, jadi sekarang ada dua orang yang meninggal karena positif Corona. Sedangkan yang dirawat ada empat orang,” urai Yulianto.

Dia menerangkan, satu pasien di Solo berjenis kelamin perempuan merupakan hasil penelusuran tim medis. Sebab, yang bersangkutan masih satu famili dengan pasien positif Corona, yang juga dirawat di RSUD dr Moewardi.

“Kami tracking, ternyata ada riwayat keluarga. Dia belum menunjukan gejala, namun setelah diperiksa dia positif,” jelas Yulianto.

Terkait kesiapan merawat pasien terindikasi Corona, Yulianto mengaku sudah siap.

Pihaknya sudah menyiapkan 90 ruang isolasi bertekanan negatif, di sejumlah rumah sakit utama (first line). Jumlah itu masih ditambah 45 rumah sakit lapis kedua (second line). JSnews

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com