JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Usir Pageblug Corona, 2 Dukun Supranatural Sragen Turun Gunung Gelar Ritual di Alun-alun. Sebut Wabah Ini Peringatan Agar Manusia Tak Maksiat dan Eling Gusti!

Dua orang dukun supranatural asal Kroyo, Karangmalang, Sragen saat melakukan ritual usir wabah corona di Alun-Alun Sragen, Minggu (29/3/2020). Foto/Wardoyo
   
Dua orang dukun supranatural asal Kroyo, Karangmalang, Sragen saat melakukan ritual usir wabah corona di Alun-Alun Sragen, Minggu (29/3/2020). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Wabah virus corona yang melanda seluruh penjuru dunia, Indonesia, termasuk Sragen membuat kalangan supranatural pun tergerak untuk bertindak.

Dua orang dukun atau ahli supranatural Sragen turun gunung melakukan aksi ritual mengusir corona virus. Dua orang dukun itu masing-masing Mbah Suwardi asal Ngablak, Kroyo, Karangmalang, Sragen dan rekannya Sukino.

Keduanya spontan berinisiatif menggelar ritual ala kejawen di alun-alun Sasono Langen Putro Sragen, Minggu (29/3/2020) siang.

Merebaknya wabah corona yang melumpuhkan sendi-sendi kehidupan di berbagai negara dan daerah, menjadi alasan keduanya tergerak menggelar ritual.

Ritual dilakukan pukul 12.15 WIB di tengah Alun-alun. Mereka berdoa dengan uborampe ala Jawa yakni 5 buah sapu lidi yang diberi bawang merah, lombok merah dan kunyit di ujungnya.

Baca Juga :  Jelang Masa Jabatan Berakhir, Bupati Sragen Gelar Halal Bi Halal dan Mohon Maaf di Sumberlawang dan Miri

“Ritual ini untuk memanjatkan doa pada tuhan agar wabah virus corona segera sirna. Agar warga Sragen lepas dari segala dari penyakit yang meresahkan. Dan pageblug penyakit corona ini segera lenyap,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Minggu (29/3/2020).

Dukun asal Karangmalang itu menuturkan alun-alun Sragen dipilih sebagai lokasi ritual lantaran merupakan pusat kota dan menjadi titik 0 kilometer Kabupaten Sragen.

Ritual dilakukan dengan melafalkan doa dengan bahasa Arab dan bahasa jawa dalam menjalankan ritual.

Baca Juga :  Momen Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi Hadiri Acara Bedoro Bersholawat Bersama Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf

Melalui lelaku ritual menggunakan sodo lanang itu, diharapkan bisa mengusir wabah virus corona. Dia berharap kondisi ekonomi dan kesejahteraan warga segera pulih seperti sedia kala. Karena saat ini kondisi bangsa dan daerah benar-benar terpuruk.

”Ini juga peringatan pada semua manusia. Supaya mereka merenung, tidak berbuat jahat dan berbuat maksiat serta selalu eling pada Gusti Allah,” tandasnya.

Sementara, Sukino menambahkan mengingatkan agar semua komponen masyarakat saling mendoakan. Karena menurutnya doa pada orang lain akan lebih ikhlas dan lebih didengar tuhan.

”Mungkin ritual ini tidak masuk akal, Namun orang Jawa dari dulu memberi nasehat melakukan seperti ini jika terjadi pageblug,” tuturnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com