JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

4 Warga Karanganyar Positif Covid-19, Jajaran Satpol PP Tergerak Galang Iuran Untuk Bantu Ratusan Masker ke Warga. Plt Kadinas Imbau Keluar Rumah, Wajib Masker!

Para PNS Satpol PP Karanganyar saat sosialisasi pakai masker dan membagi masker dari urunan di jajaran Sstpol PP, Senin (20/4/2020). Foto/Wardoyo
Para PNS Satpol PP Karanganyar saat sosialisasi pakai masker dan membagi masker dari urunan di jajaran Sstpol PP, Senin (20/4/2020). Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Peningkatan kasus positif corona atau covid-19 di Karanganyar membuat sejumlah elemen terus tergerak.

Tak hanya warga dan Pemdes, jajaran PNS pun juga ikut bergerak melakukan penanganan. Salah satunya di jajaran Dinas Satpol PP dan Damkar Karanganyar.

Merasa terpanggil, kalangan PNS di dinas itu langsung berinisiatif menggalang iuran sukarela untuk dibelikan masker.

Masker tersebut langsung dibagikan ke warga dan pengendara di sejumlah titik di jalan utama Karanganyar, Senin (20/4/2020). Plt Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Karanganyar, Yopi Eko Jati Wibowo mengatakan kegiatan bagi masker dilakukan oleh jajarannya, tadi pagi.

Pembagian dipusatkan di lampu merah Bejen, Pegadaian dan Papahan. Sebanyak 350 lembar masker terdistribusi dengan cepat kepada pengendara dan warga yang kedapatan tak mengenakan masker.

Baca Juga :  Curhat Pilu Keluarga Korban Meninggal Positif Covid-19 Asal Perum Ngringo Karanganyar. Beban Moral Hadapi Stigma Warga Saat Isolasi Mandiri, Baru Lega Setelah Hasil Swab Negatif

“Tadi yang kita bagikan ada 350 masker. Pengadaannya dari iuran PNS di jajaran kami yang tergerak untuk membantu mencegah wabah covid-19 melalui pembagian masker. Tujuannya agar membantu warga secara sadar membiasakan pakai masker ketika aktivitas di rumah,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Senin (20/4/2020).

Selain pembagian masker, tim juga melakukan sosialisasi kepada warga dan pengendara terkait kewajiban mengenakan masker.

“Alhamdulillah warga sudah mulai sadar. Tadi di lapangan, hampir 90 persen warga sudah mengenakan masker. Hanya sebagian kecil saja yang belum,” tukas Yopi.

Sebelumnya, Bupati Karanganyar Juliyatmono menyampaikan ada satu lagi kasus positif covid-19 dari Malangjiwan Colomadu Karanganyar. Pasien berjenis kelamin perempuan berprofesi sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi swasta di Solo.

Baca Juga :  Kunjungi Karanganyar, Wakil Gubernur Taj Yasin Ungkap Pemicu Mengapa Jumlah Kematian Pasien Positif Covid-19 di Jateng Melonjak Tajam!

Dengan penambahan ini, jumlah kasus positif Covid-19 di Karanganyar naik menjadi empat kasus. Keempat kasus ini berasal dari Kecamatan Colomadu dan Mojogedang. Dua pasien positif telah meninggal dunia, keduanya memiliki riwayat mengikuti Ijtima Dunia di Gowa.

Pasien positif di Malangjiwan itu dipastikan tidak terkait dengan klaster Ijtima Ulama Dunia Gowa seperti tiga pasien positif sebelumnya.

“Yang bersangkutan ini bekerja di Ceper, Klaten. Jadi setiap hari bepergian ke sana untuk bekerja. Kemungkinan tertularnya terkait aktivitas pekerjaannya ini,” urai Bupati. Wardoyo