JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Awas, Insentif Program Kartu Prakerja Dapat Hangus Jika…

Airlangga Hartarto / Tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kartu Prakerja yang diluncurkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Sabtu (11/4/2030) malam, dapat hangus bila dalam waktu 30 hari sejak diterima tidak segera digunakan.

“Bantuan pelatihan ini akan hangus apabila dalam waktu 30 hari setelah ditetapkan sebagai penerima, (Namun) belum menggunakan kartu prakerja untuk pelatihan pertama,” ucap Airlangga Hartarto melalui konferensi video, Sabtu (11/4/2030) petang.

Karena itu, Airlangga mengimbau, bagi penerima manfaat yang sudah dinyatakan terdaftar dalam Program Kartu Prakerja untuk bisa segera digunakan untuk pelatihan yang tersedia.

Adapun besaran bantuan pelatihan dan insentif yang diterima oleh masing-masing peserta adalah Rp 3.550.000, dan akan menyasar kepada 5.6 juta peserta selama 2020. 

Apabila dirinci, manfaat Program Kartu Prakerja di 2020 yakni sebesar Rp 3.550.000, terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan, serta insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 50.000 per survei untuk tiga kali survei atau total Rp 150.000 per peserta. 

Insentif tersebut akan dibayarkan setelah peserta menyelesaikan minimal satu kali pelatihan.

Airlangga menjelaskan, uang yang dianggarkan guna pelatihan tersebut bisa digunakan untuk  mengikuti kegiatan pelatihan lebih dari satu kali, dan dapat dimanfaatkan hingga 31 Desember 2020.

“Seluruhnya melalui platform digital mitra,” ucapnya.

Airlangga mengajak masyarakat untuk tetap optimis dengan Program Kartu Prakerja agar dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Di sisi lain, Airlangga juga memahami dengan ekspektasi masyarakat terhadap kartu prakerja yang sangat besar. Hal itu terlihat dari animo yang mengunjungi laman prakerja.go.id ini mencapai 1,3 juta pengunjung.

“Oleh karena itu dengan kerendahan hati masyarakat bisa memaklumi apabila terdapat ketidaksempurnaan di sana-sini dan juga berterima kasih atas kesabarannya,” ucapnya.

Ia menyatakan, akan terus menyempurnakan program ini agar lebih baik lagi dalam pelaksanaannya.

Platform digital yang digandeng dalam program ini antara lain, Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy by Ruangguru, MauBelajarApa, HarukaEdu, PijarMahir, dan Sisnaker. Selain itu, pemerintah menggandeng mitra pembiayaan, yakni PT Bank Negara Indonesia Tbk, LinkAja, dan OVO.

Sebagai informasi, bagi masyarakat yang mengalami kesulitan mendaftar maka manajemen pelaksana kartu prakerja menyediakan layanan masyarakat atau call center di 021-25541246. Tiap Senin sampai Jumat pukul 08.00-19.00 WIB. Ataupun bisa juga mengirimkan keluhan tersebut ke email info@prakerja.go.id.

Sebagaimana diketahui, pendaftaran Program Kartu Prakerja tersebut dapat dilakukan secara daring melalui www.prakerja.go.id.

www.tempo.co

Baca Juga :  Luhut Diminta Presiden Jokowi Koordinasikan Investasi Apple di IKN
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com