JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Dipercaya Mampu Tangkal Corona, Jamu J-Co 19 Produk Pekalongan Mendadak Banjir Pesanan. Harganya Nggak Sampai Rp 20.000 Perbotol

Foto/Humas Jateng
   
Foto/Humas Jateng

PEKALONGAN, JOGLOSEMARNEWS.COM Ditengah merebaknya virus corona (Covid-19), eksistensi jamu tradisional yang dipercaya masyarakat dapat menjaga daya tahan tubuh, turut meningkatkan permintaan jamu tradisional yang dibuat oleh Pusat Penelitian, Pengembangan dan Pelayanan Jamu Dinas Kesehatan (PSPJ Dinkes) Kota Pekalongan.

Kepala PSPJ Kota Pekalongan, Uswatun Khasanah, mengungkapkan dalam dua pekan terakhir ini banyak permintaan jamu siap minum maupun kemasan instan.

Pesanan datang dari masyarakat, instansi yang ada di Kota Pekalongan seperti Rumah Sakit, Puskesmas, OPD dan penikmat jamu.

“Di tengah wabah Corona ini, permintaan jamu buatan PSPJ Dinkes ini mengalami peningkatan drastis. Masyarakat yang sebelumnya enggan minum jamu karena rasanya pahit, sekarang semakin menyadari pentingnya minum jamu untuk meningkatkan imunitas,” terang Uswatun saat ditemui di Kantor PSPJ Dinkes Kota Pekalongan, dilansir Humas Jateng.

Baca Juga :  Dampak Banjir Kudus, 141 Warga Masih Tinggal di Posko Pengungsian Sepekan Ini

Peningkatan permintaan jamu PSPJ hampir 300-400 persen dari yang semula hanya 100-200 botol setiap harinya.

Tingginya permintaan rempah-rempah di pasaran, yang berdampak pada lonjakan harga jahe merah, kencur dan sejenis, namun pihaknya tidak menaikkan harga jamu yang dijual per botol maupun kemasannya.

“Varian jamu yang biasa dipesan sangat beragam. Kebanyakan varian bir pletok, temulawak, jahe, kencur, dan sebagainya yang banyak mengandung khasiat untuk menghangatkan badan, menyegarkan badan, melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan imunitas tubuh. Harganya pun relatif murah mulai dari Rp 5.000 per botol dan Rp 15.000 untuk kemasan,” jelas Uswatun.

PSPJ Dinkes Kota Pekalongan terus berinovasi mengembangkan aneka jenis jamu, yang terbaru adalah varian jamu yang diberi nama J-Co 19 (Jamu Covid-19), didalamnya mengandung bahan alami seperti kunyit, secang, lengkuas, kayu secang dan jeruk. Varian baru ini pun langsung menyita perhatian para penikmat jamu tradisional.

Baca Juga :  Wihaji Layak Ramaikan Bursa Calon Gubernur atau Wakil Gubernur Jateng, Punya Pengalaman dan Jaringan Luas

“Varian baru J-Co 19 yang diluncurkan bertepatan dengan Hari Jadi Kota Pekalongan, langsung dapat diterima semua pihak. Pada saat sotf launching hanya diproduksi 20-25 botol tetapi langsung terjual habis. Bahkan beberapa pihak telah memesan untuk dapat menikmati jamu tersebut,” tandas Uswatun.

Tak hanya dari dalam kota saja, permintaan jamu buatan PSPJ Dinkes Kota Pekalongan juga datang dari luar kota seperti NTB, Kupang, Palembang, Yogyakarta dan beberapa daerah di Indonesia. Edward

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com