JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kapan Pandemi Corona Berakhir, Belum Ada Satupun Ahli yang Bisa Memastikan

ilustrasi / tribunnews

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sampai sejauh ini, belum ada ada ahli yang bisa memastikan kapan pandemi virus Corona ini akan berakhir. Yang terjadi selama ini, semua hal termasuk mengenai puncak penyebaran masih berupa prediksi.

Demikian dikatakan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona, Doni Monardo.

“Melihat kapan akan berakhirnya Covid-19 ini pun belum ada satupun ahli yang bisa memastikan semuanya masih dalam bentuk prediksi dan analisa,” kata Doni dalam Konferensi usai rapat terbatas, Senin (20/4/2020).

Baca Juga :  Bersepeda Kini Diatur dalam Permenhub, Sanksi bagi yang Melanggar Diserahkan ke Pemda: Bisa dengan Sita Sepeda

Oleh karena itu menurut Doni, pemerintah terus menekankan betapa pentingnya kerja sama dan gotong royong dalam menghadapi penyebaran virus corona tersebut.

Kedua hal itu merupakan modal sosial yang kuat dalam menghadapi Pandemi. Seperti contoh kehadiran para relawan yang membantu pemerintah menanggulangi penyebaran virus corona.

“Lembaga-lembaga internasional juga memberikan apresiasi terhadap kehadiran relawan di tanah air dan ini bisa menjadi modal sosial kita yang kuat,” katanya.

Baca Juga :  Arab Saudi Segera Buka Pintu untuk Ibadah Umroh, Kemenag Tunggu Rilis Daftar Negara yang Boleh Berangkatkan Jemaah

Pihaknya menurut Doni menggunakan metode pentahelix berbasis komunitas dalam mencegah penyebaran Covid-19, yakni kerjasama sejumlah unsur untuk memutus penyebaran virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China itu.

“Pentahelix hendaknya bisa menjadi ujung tombak kita dalam melakukan upaya-upaya khususnya pencegahan,” pungkasnya.

www.tribunnews.com