JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Kapolres Karanganyar Siapkan Skenario Beberapa Langkah Ini Jika Kondisi Makin Memburuk Dampak KLB Corona. Bupati Minta Masyarakat Tak Dipancing Untuk Heboh!

Foto/Wardoyo
Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi, menegaskan, telah mempersiapkan berbagai langkah antisipasi, jika penyebaran Covid-19 semakin memburuk.

Sampai saat ini, menurut Kapolres, situasi di Karanganyar masih aman terkendali. Pasalnya seluruh pihak, mulai dari Forkompinda sampai ke tingkat desa selalu bersinergi  untuk mengantisipasi konflik sosial sebagai dampak penyebaran Covid-19 di Karanganyar.

Hal tersebut ditegaskan Kapolres usai melakukan pemaparan dalam latihan Kontijensi Sispamkota di pendopo rumah dinas bupati, bersama Kodim 0727 Karanganyar, Rabu (15/05/2020).

“Untuk wilayah Karanganyar masih kategori kuning. Meski demikian, kita telah mempersiapkan berbagai langkah antisipasi jika keadaan semakin memburuk akibat dampak penyebaran Covid-19. Seperti ketersediaan pangan yang terbatas yang berdampak pada aksi kriminalitas,” tegasnya.

Baca Juga :  Bukan Sekolah Tatap Muka, Disdikbud Karanganyar Akan Aktifkan Kembali KBM Lewat Radio Mulai Pekan Depan. Guru Sambut Baik, Tapi Pelajaran Matematika Dinilai Bakal Terkendala!

Kapolres menjelaskan suatu daerah masuk kategori merah, apabila masyarakat mengabaikan protokol kesehatan untuk  mencegah penyebaran Covid-19.

Hal itu akan berdampak ODP dan PDP  meninggal dunia, pasien positif bertambah, fasilitas berkurang, lahan pemakaman terbatas serta petugas medis kewalahan untuk melakukan penanganan.

“Menghadapi situasi seperti itu, diperlukan langkah-langkah antisipatif dengan mengedapankan SOP. Kita semua berharap, kondisi ini tidak terjadi di Karanganyar. Saya yakin masyarakat Karanganyar tetap disiplin dan tetap patuh terhadap social distancing, physical distancing, serta tetap menjaga kebersihan dan kesehatan pribadi,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik dalam situasi mewabahnya Covid-19.

Baca Juga :  Kunjungi Karanganyar, Wakil Gubernur Taj Yasin Ungkap Pemicu Mengapa Jumlah Kematian Pasien Positif Covid-19 di Jateng Melonjak Tajam!

Masyarakat jangan dipancing untuk ikut khawatir, panik, sehingga situasi tetap aman dan terkendali.

Hal tersebut dikatakan bupati usai mengikuti latihan Kontijensi Sispamkota yang dilaksanakan Polres Karanganyar, Rabu (15/04/2020). Menurut bupati, dalam situasi seperti ini, tim penanggulangan Covid-19, sampai saat ini terus bekerja.

Dalam situasi dan kondisi seperti saat ini, ada hal yang tidak perlu diungkapkan untuk menenangkan  masyarakat.

“Masyarakat jangan dipancing untuk ikut khawatir dan heboh. Bersama  TNI, Polri, serta jajaran Forkompinda,   terus bekerja melawan Covid-19. Ada skenario yang tidak perlu saya sampaikan untuk menjaga situasi agar tetap nyaman, aman dan kondusif,” jelas bupati. Wardoyo