JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Peduli dan Dukung Tenaga Medis Polres Wonogiri Bagikan Ribuan APD Gratis ke Rumah Sakit dan Puskesmas

Penyerahan bantuan APD kepada sejumlah RS dan Puskesmas di Wonogiri


WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM  –  Polres Wonogiri memberikan Alat Pelindung Diri (APD) kepada tenaga medis sebagai garda terdepan dalam pandemi COVID-19, Jumat (17/4/2020).

Penyerahan bantuan berlangsung di halaman Mapolsek Wonogiri Kota.

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, mengatakan kegiatan tersebut sebagai wujud kepedulian TNI dan Polri terhadap tenaga medis. Sekaligus mendukung mereka yang kini sedang berjuang di garda terdepan dalam percepatan penanganan wabah virus Corona di Kabupaten Wonogiri.

Mantan Kapolres Belu Polda Nusa Tenggara Timur tersebut menuturkan ada 37 titik yang terdiri dari puskesmas dan rumah sakit yang mendapatkan bantuan APD dari Polres Wonogiri.

“Untuk yang 3 kami serahkan sendiri dan sisanya 34 titik diserahkan oleh pejabat utama kami dan para kapolsek jajaran,” beber dia.

Baca Juga :  Paslon Josss dan Harjo Diminta Bikin Satgas COVID-19, Salah Satunya Untuk Memastikan Pelaksanaan Kampanye Sesuai Prokes, Supaya Terhindar Dari Permasalahan Batasan Massa Kampanye

Sebelumnya pihaknya berkoordinasi dengan BPBD Wonogiri dalam menyalurkan bantuan tersebut. Salah satu APD yang dibagikan yakni face shield, Kapolres menjelaskan alat pelindung wajah tersebut merupakan hasil karya dari Bhayangkari Cabang Wonogiri dan personil Polres Wonogiri.

“Ada 2400 face shield yang sudah didistribusikan kepada para tenaga medis,” ujar dia.

Heri Triyono selaku Kabid Penunjang Medik RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso (SMS) Wonogiri APD berguna bagi pelayanan kesehatan di RSUD Wonogiri. Pihaknya berharap  masyarakat kuat menghadapi wabah virus Corona yang kini menjadi pandemi.

Direktur RS PKU Muhammadiyah Nambangan Selogiri Resita Lukitawati mengatakan COVID 19 menjadi pandemi saat ini dan menjadi masalah di Indonesia bahkan dunia. Permasalahan yang dihadapi tenaga kesehatan adalah ketersediaan APD.

Baca Juga :  Sebenarnya Kapan to Wonogiri Mau Melaksanakan Sekolah Offline Alias Tatap Muka? Kalau Jawaban Bupati Jekek sih Seperti ini

Dijelaskannya, RS PKU Muhammadiyah Nambangan Selogiri bersama RS Maguan Pracimantoro dan RS Amal Sehat Slogohimo menjadi rumah sakit lini ke-3 dalam penanganan COVID 19.

“Rumah sakit lini 1 adalah RS Moewardi Solo dan RS Soediran Mangun Sumarso menjadi rumah sakit lini ke-2,” tandas dia.

Adapun jumlah APD yang dibagikan sabun/handsanitizer : 132 biji @ 100 ml, pelindung muka (faceshield)  2.400 lembar, Baju Hazmat : 500 stel, Lisol 4 buah (@ 400 ml), makanan kecil (snack) 35 dos dan cover shoes 360 pasang. Aria