JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Sri Sultan HB X Minta Semua Kelurahan di DIY Sediakan Tempat Karantina

Pixabay
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X meminta seluruh kelurahan di DIY untuk menyediakan tempat isolasi atau karantina untuk pendatang yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). Untuk itu, pemerintah kabupaten dan pemerintah kota di seluruh DIY diharapkan dapat berkoordinasi dengan kelurahan.

“Keputusan Mendagri yang baru itu dimungkinkan untuk lurah menyediakan tempat karantina,” kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin (6/4/2020).

Baca Juga :  Inspektorat DIY Minta Masyarakat Melapor Mendapati Praktik Pungli di Sekolah

Walaupun begitu, Pemda DIY telah menyiapkan beberapa tempat karantina untuk tenaga medis dan ODP. Sultan menyebut, Pusdiklat Kemendagri di Kota Yogyakarta akan dijadikan sebagai tempat transit bagi tenaga medis yang menangani pasien Corona

Hal ini dilakukan karena adanya penolakan dari masyarakat terhadap tenaga medis yang dianggap sebagai pembawa virus. Selain itu, Asrama Haji di Sleman juga dijadikan sebagai tempat karantina bagi ODP.

Baca Juga :  Yogyakarta Diguncang Gempa M 5,1, Pusat Gempa di Laut Selatan Kulonprogo

Selain itu, pihaknya menyediakan suplemen bagi mereka yang diisolasi. Hal ini dilakukan agar kondisi fisik dan daya tahan tubuh dapat terus terjaga selama dilakukanya isolasi.

“Di tempat karantina, pemerintah daerah memberikan makan dan sebagainya. Jadi dia tidak boleh keluar selama 14 hari. Disediakan makanan dan suplemen,” ujarnya.

www.republika.co.id