JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Terkait Pandemi Corona, Islam Ajarkan Jangan Tulari Orang Lain, Jangan Tantang Kematian

ILustrasi virus corona atau Covid-19. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Meski pemerintah telah mengeluarkan imbauan agar masyarakat Indonesia untuk melaksanakan sosial distancing dan di rumah saja, tetapi sebagian orang mengabaikan hal tersebut.

Dalam beberapa hari ini diberitakan adanya kelompok orang yang masih nekat nongkrong di beberapa tempat. Ada yang berpandangan “Ngapain takut corona, mati mah mati aja,”. Ternyata Islam mengajarkan betapa pentingnya menghindari hal-hal yang beresiko pada kesehatan diri.

Dalam berbagai kesempatan, Nabi Muhammad menunjukkan ketidaksukaannya pada keinginan seseorang untuk mati atau menantang kematian dalam kondisi apapun. Muslim diajarkan mencari cara apa saja agar bisa bertahan hidup dan terhindar dari penyakit.

Baca Juga :  Anggap Sebagai Pihak Berperkara, Otto Hasibuan: Megawati Tidak Tepat Sebagai Amicus Curiae

“Tidak boleh kalian berharap kematian dalam kondisi apapun, kalian harus berusaha. Berdoalah ‘ya Allah jaga saya agar tetap hidup selama mungkin asal tetap sehat dan matikanlah aku jika itu lebih baik’,” ujar salah satu Hadits Nabi Muhammad yang dikutip oleh profesor Universitas Uludag, Cafer Karadas di TRT World pada Sabtu, (18/4/2020).

Menyatakan Islam menginstruksikan Muslim untuk melindungi lima hal selama kehidupannya, yaitu kehidupan, kecerdasan, kepercayaan, kepemilikan dan keturunan. Konsep menjaga kehidupan dalam Islam berarti melindungi diri sendiri dan orang lain.

“Jika sebuah wabah mengancam keselamatan diri dan orang lain maka Muslim harus mengikuti pedoman ahli agar selalu terlindung, ini demi keselamatan diri dan orang lain juga,” ujar Karadas.

Baca Juga :  Peluang Pertemuan Prabowo-Mega Lebih Besar Ketimbang Jokowi-Mega

Karadas mengingatkan Muslim agar menaati pedoman kesehatan melawan corona dengan pembatasan sosial. Pedoman tersebut sudah sesuai ajaran Nabi Muhammad tentang bagaimana menyikapi wabah penyakit. Jika ngotot melanggar, Karadas merasa Muslim itu berdosa karena zholim pada Muslim lainnya, khususnya jika menularkan penyakit.

“Jika kita mengganggu kesehatan orang lain secara langsung atau tidak, kita melanggar hak mereka. Jika seseorang menginfeksi orang lain dalam tindakan sengaja atau tidak maka dia menzholimi hak orang lain,” tegas Karadas.

www.republika.co.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com