JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Update Terbaru Corona Sragen, 2 PDP Meninggal, 2 Warga Positif,  2 Anak Positif Rapid Test. Jumlah PP Melonjak 14.161, 49 ODP, 7 PDP Dirawat!

SItuasi covid-19 di Sragen, Selasa (14/4/2020). Foto/Wardoyo
   
SItuasi covid-19 di Sragen, Selasa (14/4/2020). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Situasi covid-19 di Sragen pada hari Selasa 14/4/2020) mencatatkan grafik makin waspada.

Setelah Pemkab resmi mengumumkan status kejadian luar biasa (KLB) menyusul adanya dua warga berstatus positif terpapar covid-19, dua anak dengan riwayat kontak dari kedua pasien, juga menunjukan hasil rapid test positif, Selasa (14/4/2020).

Berdasarkan data terbaru yang dilansir laman website resmi Pemkab Sragen di  corona.sragenkab.go.id, hingga Selasa (14/4/2020) malam pukul 22.00 WIB, jumlah pelaku perjalanan (PP) atau warga yang baru pulang dari luar kota dan daerah zona merah mencapai 14.161 orang.

Dari jumlah itu, 461 adalah tambahan baru dan 7.290 PP dinyatakan sudah lolos pantauan 14 hari.

Kemudian jumlah ODP tercatat ada penambahan 4 orang lagi. Namun secara komulatif, angka ODP tercatat menurun tinggal 49 orang.

Sementara jumlah total PDP tercatat sebanyak 16 orang. Dari angka itu, tujuh pasien dinyatakan sembuh atau negatif, 7 masih dirawat di RSUD, dan dua PDP meninggal dunia.

Dua pasien PDP yang meninggal adalah pasien asal Sragen Kota dan asal Ngrampal beberapa waktu lalu. Untuk PDP dari Sragen Kota, hasil tes Swabnya dinyatakan negatif.

Baca Juga :  Geger Mobil Baru Langsung Rusak Usai Isi Dexlite di Sragen, SPBU Jetak Minta Maaf dan Pastikan Bukan Abal-abal, Melainkan...

“Hari ini total ada tujuh PDP yang masih  dirawat. Untuk kondisi dua warga yang dinyatakan positif dari hasil tes Swab, kondisi keduanya membaik secara klinis. Keduanya dirawat di RSUD Dr Moewardi Solo dan RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang,” papar Sekda Sragen, Tatag Prabawanto.

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati selaku Ketua Satgas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyampaikan sebanyak 12 warga dengan kontak erat terhadap dua pasien positif covid-19 asal Kedungupit dan Mojomulyo, Kecamatan Sragen, telah diperiksa dan dilakukan rapid test.

Hasilnya, dua orang diketahui menunjukkan hasil positif. Hal itu disampaikan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati di ruang kerjanya, Selasa (14/4/2020) siang.

Didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Hargiyanto, Yuni mengatakan dari tindaklanjut setelah hasil tes swab 2 warga positif, tim sudah bergerak melakukan pelacakan atau tracking.

Pelacakan dilakukan terhadap orang yang sempat melakukan kontak erat dengan kedua pasien positif berjenis kelamin perempuan berusia 47 tahun dan pasien positif berjenis kelamin laki-laki berusia 39 tahun itu.

Baca Juga :  ASN Sragen Mendapatkan Layanan Penukaran Uang Baru dari Bank Indonesia Solo

‘Hasilnya ada 12 orang yang didata sempat melakukan kontak sangat erat. Dari 12 itu kemarin sudah dilakukan rapid test dan hasilnya ada dua positif dan 10 negatif,” papar Bupati.

Bupati Yuni menguraikan dua yang rapid testnya positif itu semuanya masih anak-anak. Yang satu anak balita berusia 1 tahun empat bulan, yang merupakan putra dari pasien positif laki-laki.

Satunya lagi adalah seorang anak berusia 7 tahun yang diketahui merupakan cucu dari pasien positif perempuan.

“Saat ini kondisinya yang anak 1,4 tahun itu dalam keadaan batuk tapi tidak disertai demam dan pneumonia. Yang usia 7 tahun, dia sehat dan tidak ada keluhan klinis apapun,” terang Yuni.

Kedua anak itu tetap akan kembali dirapid test dalam beberapa hari ke depan. Setelah itu mereka juga akan dilakukan tes swab dengan dasar hasil rapid test tersebut. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com