JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Update Terbaru Corona Sragen, 2 PDP Meninggal, 2 Warga Positif, 2 Positif Rapid Test. Jumlah PP Naik 15.197, Ada 35 ODP, 1 PDP Dirujuk ke Moewardi dan 9 PDP Dirawat Dalam Kondisi Sebagian Gelisah

Situasi Covid-19 Sragen, Kamis (16/4/2020) malam. Foto/Wardoyo
Situasi Covid-19 Sragen, Kamis (16/4/2020) malam. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Situasi covid-19 di Sragen pada hari Kamis (16/4/2020) masih menunjukkan tren makin waspada.

Setelah Pemkab resmi mengumumkan status kejadian luar biasa (KLB) dengan dua warga positif covid-19 dan dua anak cucu dari kedua pasien juga menunjukkan hasil rapid test positif, angka PP, jumlah ODP dan PDP masih terus bergerak naik.

Berdasarkan data terbaru yang dilansir laman website resmi Pemkab Sragen di  corona.sragenkab.go.id, hingga Kamis (16/4/2020) malam pukul 22.00 WIB, jumlah pelaku perjalanan (PP) atau warga yang baru pulang dari luar kota dan daerah zona merah mencapai 15.197 orang.

Dari jumlah itu, 484 adalah tambahan baru dan 9.254 PP dinyatakan sudah lolos pantauan 14 hari.

Kemudian jumlah ODP tercatat ada penambahan 1 orang lagi. Namun secara komulatif, angka ODP tercatat menurun tinggal 35 orang.

Baca Juga :  Kabar Duka, 3 Warga Sragen Kembali Meninggal Dunia Terkait Covid-19 Hari Ini. Dua Orang Berstatus Positif, Satunya Suspek, Total Sudah 62 Warga Meninggal

Sementara jumlah total PDP tercatat sebanyak 19 orang. Dari angka itu, tujuh pasien dinyatakan sembuh atau negatif, 9 masih dirawat di RSUD, dua PDP meninggal dunia, dan satu PDP kembali dirujuk ke RSUD Moewardi Solo.

Dua pasien PDP yang dilaporkan meninggal adalah pasien asal Sragen Kota dan asal Ngrampal beberapa waktu lalu.

Untuk PDP dari Sragen Kota, hasil tes Swabnya dinyatakan negatif.

“Hari ini total ada sembilan PDP yang masih dirawat dan satu lagi PDP dirujuk. Untuk kondisi dua warga yang dinyatakan positif dari hasil tes Swab, kondisi keduanya membaik secara klinis. Keduanya masih dirawat di RSUD Dr Moewardi Solo dan RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang,” papar Sekda Sragen, Tatag Prabawanto, Kamis (16/4/2020) malam.

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati selaku Ketua Satgas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyampaikan kondisi covid-19 hingga Kamis (16/4/2020) masih ada sembilan pasien PDP yang dirawat di RSUD.

Baca Juga :  Geger Mayat Pria Ditemukan Tergeletak di Persawahan Desa Jurangjero Karangmalang Sragen. Saat Ditemukan Dalam Kondisi Begini!

Tujuh PDP dirawat di RSUD Dr Soehadi Prijonegoro Sragen dan dua lainnya di RSUD dr Soeratno Gemolong. Semuanya dalam kondisi baik meski sebagian gelisah lantaran sudah sekitar seminggu hingga 11 hari di ruang isolasi.

“Ada satu pasien PDP dirujuk. Ada 9 yang masih dirawat di ruang isolasi RSUD Soehadi dan Soeratno. Kondisi memang sebagian gelisah, mungkin karena sudah beberapa hari diisolasi. Ada yang sudah 11 hari. Tapi secara umum kondisi mereka membaik. Hanya gelisah saja karena menunggu hasil swab. Yang sembilan itu masih bisa dimanaje sehingga tidak perlu dirujuk,” paparnya ditemui di pendapa Rumdin Bupati, Kamis (16/4/2020). Wardoyo