JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Update Terbaru Corona Sragen Hari Ini, Jumlah PP Naik Jadi 8.703 Orang, ODP Tambah 10 Orang, 3 PDP Dirawat. Sambirejo Tertinggi Angka PP, Sukodono Kasus PDP Terbanyak

Situasi covid-19 Sragen Minggu (5/4/2020). Foto/Wardoyo
Situasi covid-19 Sragen Minggu (5/4/2020). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Jumlah pelaku perjalanan (PP) atau warga Sragen yang baru pulang dari wilayah terkonfirmasi covid-19 terus meningkat. Namun angka peningkatannya mulai bergerak melambat.

Hingga Minggu (5/4/2020) petang,  jumlah pelaku perjalanan yang dipantau tercatat sebanyak 8.703 orang. Angka ini hanya naik 74 orang dari sehari sebelumnya yang tercatat sebanyak 8.629 orang.

Berdasarkan data terbaru yang dilansir laman website resmi Pemkab Sragen di  corona.sragenkab.go.id, hingga Minggu (5/4/2020) petang pukul 17.00 WIB, jumlah PP atau pemudik yang baru pulang dari wilayah terkonfirmasi covid-19 naik dari sehari sebelumnya yang tercatat sebanyak 8.703 orang.

Kemudian untuk jumlah ODP hingga hari ini tercatat ada penambahan 10 orang lagi. Namun secara komulatif, angka ODP menurun dari 126 menjadi 123 lantaran ada 47 ODP yang lolos pemantauan karena sudah lewat 14 hari.
“Ada tambahan 10 ODP tapi ada 47 ODP yang lolos dari status ODP karena sudah lewat masa 14 hari tanpa gejala. Sehingga komulatifnya jadi 123 ODP,” papar Sekda Sragen, Tatag Prabawanto, Sabtu (5/4/2020) malam.

Baca Juga :  Lakukan Kesalahan Fatal, 6 Peserta Ujian SKB Seleksi CPNS Sragen Dipastikan Gugur. Ini Kesalahannya!

Sementara jumlah PDP tetap stagnan seperti sehari sebelumnya yakni total 9 orang. Dari angka itu, lima dinyatakan sembuh atau negatif, 3 masih dirawat di RSUD dan satu meninggal dunia.

“Tiga PDP yang ada, saat ini semuanya dirawat di ruang isolasi RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen. Semuanya dalam kondisi sehat dan baik. Untuk satu PDP yang meninggal asal Sragen Kota, hingga kini masih menunggu hasil swab dari RSUD Dr Moewardi Solo,” terangnya.

Di sisi lain, dari sebaran per kecamatan, untuk jumlah PP, angka tertinggi ditempati Kecamatan Sambirejo dengan 976 PP dan 10 ODP.

Disusul kemudian Kecamatan Sidoharjo dengan 865 PP dan 15 ODP. Di peringkat ketiga ada Kecamatan Masaran dengan jumlah PP mencapai 758 dan dua kasus ODP.

Sedangkan dari kasus PDP, kecamatan Sukodono menjadi paling banyak dengan 3 pasien PDP. Kemudian disusul Kecamatan Sragen dengan dua PDP dan
Plupuh, Tanon, Kedawung dan Kalijambe masing-masing satu PDP.

Baca Juga :  Buntut Aksi Boikot Media Saat Penetapan Paslon Pilkada Sragen, Mantan Komisioner Rame-Rame Soroti Kinerja KPU. Roso Khawatir Kepercayaan Publik Memburuk, Budi Sebut Bikin Malu Sragen!

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati yang mengambil alih Ketua Satgas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyampaikan website itu dibuat dengan menyajikan data perkembangan setiap hari terkait data covid-19 di Sragen.

“Silakan masyarakat dan teman-teman media bisa mengakses data covid-19 Sragen di website corona.sragenkab.go.id. Data kita update setiap hari pukul 16.00 WIB,” papar Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi Sekda Sragen, Tatag Prabawanto dan Kepala DKK Hargiyanto.

Bupati menguraikan lewat website itu, masyarakat dan awak media bisa mengupdate informasi menyeluruh soal data covid-19.

Mulai dari data pelaku perjalanan (PP), jumlah orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP) dan informasi lainnya.

Lewat website itu data akan tersaji lebih lengkap. Bahkan sebaran data PP maupun PDP disajikan secara lengkap hingga per kecamatan.

“Silakan bisa mengakses,” tutur Bupati. Wardoyo