JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Banyak Pemudik Nekat ke Solo, Kasatlantas: Mereka Tahu Aturan, Tapi Beralasan yang Penting sampai Solo Dulu

Satlantas Polresta Surakarta bekerja sama dengan Dinas Perhubungan, dan TNI menggelar penyekatan di batas kota selama sepekan ini. Foto: JSNews/Prabowo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kasatlantas Polresta Surakarta, Kompol Afrian Satya Permadi menilai para pemudik yang nekat datang ke Solo paham aturan. Termasuk bakal langsung dibawa ke posko Covid-19 untuk dikarantina.

Keterangan itu dia peroleh dari para pemudik yang terjaring penyekatan selama ini. Banyak pemudik yang akhirnya harus putar balik karena terjaring operasi.

“Rata-rata memang tahu aturannya di sini. Tapi alasan mereka yang penting sampai (Solo) dulu,” kata Afrian mewakili Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Andy Rifai, Minggu (17/05/20).

Baca Juga :  Didampingi Rudy Bertemu Megawati di Jakarta, Gibran: Siapapun Lawannya, Saya Siap Tempur

“Kita juga mengerti psikologis mereka sudah perjalanan jauh. Makanya kita beri pemahaman dan diarahkan ke karantina,” tambah dia.

Alfian menambahkan, pihaknya juga sebagai antisipasi kemungkinan para pemudik yang membludak masuk ke Kota Solo sepekan jelang lebaran. Terlebih hingga saat ini masih banyak pemudik yang nekat datang meski sejak lama ada pemberitahuan larangan.

“Kami lakukan secara fluktuatif karena jam-jam tertentu mungkin sudah dibaca pemudik. Kami juga terus berkoordinasi dengan kepolisian sekitar untuk sama-sama pantauan. Karena Solo tidak bisa lepas dari wilayah sekitar,” ujar dia.

Baca Juga :  2 Hari Ini Antrean Panjang Terlihat di Kantor Dinkop Solo, Abaikan Social Distancing, Ada Apa?

“Tapi kami berharap masyarakat memahami, ini bukan kemauan polisi, namun untuk kemanusiaan. Artinya kita bersama-sama mencegah penyebaran wabah Covid-19,” tegasnya.

Dalam pelaksaan penyekatan, ada ratusan kendaraan plat luar yang sempat dihentikan petugas. Namun rata-rata mereka yang berada didalam kendaraan merupakan warga dengan indentitas Solo. Prabowo