JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Siap-Siap, 15.959 Keluarga di Karanganyar Bakal Dijatah BLT DD Rp 600.000 Selama 3 Bulan. Dicairkan Mulai Selasa Besok

Ilustrasi uang
ย ย ย 
Ilustrasi uang

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 15.959 keluarga penerima manfaat (KPM) akan menerima bantuan langsung tunai (BLT) dana desa yang rencananya akan disalurkan pada hari Selasa (19/05/2020) mendatang.

Penyaluran BLT yang berasal dari dana desa tersebut, akan disalurkan melalui Bank Jateng dan BKK Jenawi. Ribuan warga ini, akan menerima Rp 600.000 per bulan selama 3 bulan ke depan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Karanganyar, Agus Heri Bindarto mengatakan pembayaran BLT ini, merupakan bantuan Bulan April 2020.
Pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan untuk persiapan proses penyaluran bantuan bagi warga terdampak covid-19 tersebut.

โ€œSeluruh proses persiapan sudah kita lakukan. Dan pembayaran akan kita lakukan awal pekan depan,โ€ paparnya Minggu (17/5/2020).

Terkait kemungkinan adanya data ganda dengan penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) yang sebelumnya telah disalurkan oleh Dinas Sosial (Dinsos), Agus mengaku, bahwa data penerima BLT tersebut, telah melalui proses pendataan, verifikasi dan validasi KPM.

“Bahwa 15.959 KPM penerima BLT tersebut tidak akan mengalami data ganda dengan penerima BST. Karena pendataan terkait dengan verifikasi dan validasi penerima, dilakukan oleh pemerintah desa melalui Musrenbangdes terlebih dahulu,โ€ katanya.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Karang, Kecamatan Karangpandan, Dwi Purwoto, memastikan tidak terjadi data ganda di desanya.

Ia menyebut penerima BLT yang berasal dari dana desa, maupun warga yang telah menerima BST yang berasal dari Kementerian sosial (Kemensos), dipastikan berbeda.

Dalam proses pendataan, semuanya dilakukan sangat hati-hati. Ia menyebut ada 128 warganya yang telah penerima BST dari Kemensos. Sedangkan untuk penerima BLT dari dana desa, berdasarkan hasil validasi, ada 170 KPM.

“Untuk Desa Karang, tidak ada data ganda. Dalam proses pendataan, kita menemukan ada warga yang telah menerima BST, kemudian terdata lagi untuk menerima BLT, langsung kami lakukan pencoretan. Saat ini, data sudah valid, tinggal pencairan yang akan dilakukan pada hari Selasa (19/05/2020) mendatang,โ€ tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com