JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Peternakan Mendadak Runtuh, 6.000 Ekor Ayam Untuk Persiapan Idul Fitri Milik Pengusaha di Karanganyar Mati dan Hilang. Segini Taksiran Kerugiannya

Kondisi peternakan ayam di Gondangrejo luluh lantak, Sabtu (2/5/2020). Foto/Wardoyo
Kondisi peternakan ayam di Gondangrejo luluh lantak, Sabtu (2/5/2020). Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Musibah tragis menimpa pengusaha ternak ayam Kosnan (56). Ia harus kehilangan puluhan juta setelah kandang ayam miliknya mendadak ambruk.

Ribuan ayam mati dan mendadak hilang saat bangunan kandangnya mendadak runtuh. Kandang itu diketahuo berada di Dusun Jatisari, Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo.

Insiden robohnya kandang terjadi pada hari Sabtu (02/05/2020) sekitar pukul 14.30 WIB. Sebanyak 6000 ekor ayam yang baru berusia 16 hari tersebut mati dan hilang.

Akibatnya, Kosna mengalami kerugian sebesar Rp 70 juta. Menurut keterangan warga, Miswanto (49) kandang ayam tersebut rubuh, pada saat dilakukan perbaikan tiga kandang yang mulai keropos.

Baca Juga :  Lagi Miskin Anggaran, Nasib Pembangunan Gedung Teater Karanganyar Sebesar Rp 7 Miliar Terpaksa Harus Dipending Dulu

“Tiang kandang ayam tersebut terlihat mulai keropos. Saat dilakukan perbaikan, tiba-tiba saja kandang ayam ambruk dan menimpa seluruh ayam yang berada di dalam kandang. Ribuan ayam mati dan sebagian hilang. Karena saat kejadian, banyak warga yang berada di lokasi,” terang Miswanto di lokasi kejadian.

Sementara itu, Kosnan, ketika dikonfirmasi, mengaku terkejut dengan ambruknya kandang ayam miliknya tersebut.  Saat kejadian ia mengaku sedang berada di rumah.

Baca Juga :  Makin Mengganas, Jumlah Warga Karanganyar Meninggal Terkait Covid-19 Meroket Jadi 75 Orang. Jumlah Kasus Positif Dekati Angka 400, Suspek 1.842

Ia baru mengetahui kalau kandang ayamnya ambruk dari laporan tetangga.

“Saya langsung kelokasi. Dan memang benar, kandang ayam sudah ambruk dan rata dengan tanah,” ujarnya.

Menurut Kosnan, rencananya ernak ayam  miliknya tersebut, akan dijual untuk persiapan menjelang hari raya Idull Fitri. Hanya saja, sebelum memasuki masa panen, Kosnan harus kehilangan ribuan ayam senilai Rp 70 juta.

“Ternak ayam ini, akan saya jual untuk persiapan menjelang Idul Fitri. Tapi mau gimana lagi Mas. Namanya juga musibah,”  tuturnya. Wardoyo