JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Seberapa Sering Kita Harus Keramas di Masa Pandemi Corona Ini?

Ilustrasi rambut / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Para peneliti telah menegaskan bahwa virus corona (Covid-19) dapat menempel pada benda-benda tertentu dan bertahan beberapa lama.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Lancet awal April lalu mengungkapkan bahwa virus corona dapat bertahan pada pakaian selama sehari dan pada stainless steel dan plastik selama empat hari.
Tapi bagaimana dengan rambut?

Belum ada studi tunggal yang menjelaskan hubungan antara virus corona pada rambut. Jadi, tidak jelas berapa lama virus bisa bertahan hidup di rambut atau janggut Anda. Namun, ada kemungkinan ia dapat bertahan beberapa jam hingga beberapa hari.

Tapi ini tidak berarti Anda harus mencuci rambut setiap kali kembali dari perjalanan ke luar karena tidak praktis dan dapat membahayakan kesehatan rambut Anda.

Sesuai saran beberapa ahli, Anda tidak perlu khawatir tentang rambut Anda jika menjaga jarak.

Baca Juga :  Kapan Masker Kain Harus Diganti yang Baru? Ini Tanda-tandanya

Bahkan jika seseorang bersin di bagian belakang rambut Anda, kemungkinan infeksi tampaknya rendah karena rambut jarang disentuh sebelum  melakukan hal penting. Oleh karena itu, kemungkinan bersentuhan dengan virus kurang.

Elizabeth Ransom, kepala eksekutif dokter di Baptist Health di Florida, Amerika Serikat, mengatakan tidak perlu terlalu khawatir tentang rambut atau kulit di tempat lain di tubuh yang membawa virus, karena mereka jarang bersentuhan dengan permukaan yang terinfeksi.

“(Virus) itu mungkin ada di rambutmu, tetapi akan sulit untuk dibayangkan kecuali seseorang secara aktif batuk dan terpercik di rambutmu,” kata Ransom.

“Mekanisme transmisi yang paling umum terkait dengan tangan, karena kita menggunakannya setiap saat, terus-menerus menyentuh benda, dan kita bahkan tidak menyadarinya. Lalu kita menyentuh wajah setiap saat tanpa memikirkannya,” kata dia seperti dikutip Huff Post.

Baca Juga :  Ternyata Olahraga Lari Tidak Boleh Dilakukan Setiap Hari, Apa Alasannya?

Namun, ada cara lain yang dapat membuat Anda rentan, yaitu jika Anda berada di luar dan menyentuh permukaan publik lalu menunggu mencuci tangan dan wajah begitu sampai di rumah.

Anda berisiko menyentuh rambut berulang kali dengan tangan Anda yang terkontaminasi.

Jadi, saat Anda keluar dan tidak mencuci tangan, cobalah menghindari menyentuh rambut Anda.

Dengan membelai rambut Anda berulang kali dengan tangan Anda, semua virus yang ada di tangan Anda mungkin tersangkut di rambut Anda.

Namun, secara umum rambut aman dan tidak dapat menyebabkan infeksi, asalkan Anda mengikuti norma jarak sosial dan tidak membelainya dengan tangan yang terkontaminasi.

Jika seseorang bersin di belakang kepala Anda, maka yang terbaik adalah mandi dan membersihkan rambut Anda dengan benar.

www.tempo.co