JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Vaksin Belum Ditemukan, Doni Monardo: Perlu Adaptasi dengan Pandemi

Doni Monardo / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  –
Sejauh ini, belum ada kepastian vaksin Corona bakal ditekukan dalam waktu dekat ini. Karena itulah, masyarakat diimbau untuk mampu menyesuaikan diri dengan keberadaan Covid-19 dalam hidup keseharian.

Demikian dikatakan oleh  Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo.

“Kita akan butuh waktu lebih lama untuk sesegera mungkin menyesuaikan dengan wabah pandemi ini,” kata Doni di Gedung BNPB, Jakarta, Senin (25/5/2020).

Baca Juga :  Atasi Kekurangan Dokter Spesialis di Tanah Air, Kemenkes Buka 6 Prodi di RS Pendidikan

Doni mengatakan masyarakat dituntut untuk bisa beradaptasi dengan pola hidup baru. Ia meminta masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak dan sesering mungkin mencuci tangan.

Menurut dia, dalam beberapa pekan ini, beberapa daerah menunjukan grafik penularan yang menurun. Namun, beberapa daerah lainnya justru meningkat. Ia mengingatkan semua masyarakat akan pentingnya menuruti aturan pemerintah.

Salah satunya, mengenai ketentuan berpergian. Ia mengatakan setiap orang wajib menunjukan surat keterangan negatif Covid-19 berdasarkan hasil rapid test dengan jangka waktu paling lama tiga hari.

Baca Juga :  Prabowo Ingin Bentuk Presidential Club, Pengamat: Bagus, Tapi Ada Kendala Serius

Sedangkan untuk mereka yang menjalani tes Polymerase Chain Reaction, jangka waktu berlakunya surat itu selama 7 hari.

Petugas, kata Doni, akan selalu mengecek surat itu di setiap tempat keberangkatan seperti bandara, pelabuhan atau cek poin yang ada di jalan raya dan kereta api. Apabila tak bisa menunjukan, maka petugas akan menyuruhnya kembali.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com