JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Ganjar Usulkan 3 Tokoh Jadi Pahlawan, Salah Satunya Hoegeng Iman Santoso

Hoegeng Iman Santoso / tempo.co
   

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Mantan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Hoegeng Iman Santoso diusulkan menjadi pahlawan nasional.

Usulan tersebut dilontarkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Selain Hoegeng, Ganjar juga mengusulkan dua tokoh lain, yaitu Dokter Kariadi dan Soegarda Poerbakawatja.

Usulan tersebut disampaikan kepada Menteri Sosial Juliari Batubara melalui surat. Dalam surat disebutkan, usulan gelar pahlawan itu berasal dari Kabupaten Purbalingga, Kota Semarang dan Kota Pekalongan.

“Suratnya sudah saya kirim ke pusat,” kata dia pada Jumat (19/6/2020).

Baca Juga :  Mohammad Saleh : Kosgoro 1957 Jawa Tengah Solid Dukung Airlangga Hartarto Pimpin Golkar Kembali

Menurut dia, ketiga tokoh itu telah memenuhi syarat untuk memperoleh gelar pahlawan nasional berdasarkan kajian Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah Jawa Tengah.

“Itu detil, ada usulan dari masyarakat, ada data yang dilampirkan. Tugas kami memverifikasi saja, apakah semuanya betul dan tidak ada yang terlanggar,” ujarnya.

Ganjar menyebut, Hoegeng merupakan polisi beritegritas. Hal itu tercemin dalam sikapnya yang anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Hoegeng telah diabadikan menjadi nama sejumlah tempat seperti rumah sakit di Sulawesi Barat, jalan di Jawa Barat, dan stadion di Pekalongan.

Baca Juga :  Mohammad Saleh : Kosgoro 1957 Jawa Tengah Solid Dukung Airlangga Hartarto Pimpin Golkar Kembali

Adapun Soegarda telah berjasa dalam dunia pendidikan. Kini museum di Purbalingga menggunakan nama dia.

Kemudian Kariadi yang namanya diabadikan di rumah sakit terbesar di Jawa Tengah dinilai berjasa dalam bidang kesehatan dan berperan dalam pertempuran lima hari di Semarang.

Usulan tersebut akan ditindaklanjuti oleh Sekretaris Militer Presiden. Keputusan pemberian gelar pahlawan untuk tiga tokoh tersebut ada di tangan lembaga itu.

“Kami hanya meneruskan saja,” sebut dia.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com