JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Semarang

Heboh Fenomena Kawanan Lutung Turun Gunung di Sendangguwo Semarang, Warga Sekitar Resah

Bhabinkamtibmas Sendangguwo Polsek Tembalang, Bripka Endar Bayu Cahyono saat tengah melakukan penyisiran bersama warga di sekitar lokasi guna mengantisipasi kawanan lutung yang turun di permukiman warga. Foto: istimewa
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Fenomena kera jawa atau lutung masuk ke area perkampungan tengah hangat dibicarakan warga Kampung Sendangguwo, Tembalang Kota Semarang. Kehadiran kawanan lutung yang diduga dari kawasan hutan sekitar area hutan Penggaron itu sangat meresahkan warga. Betapa tidak, kawanan lutung masuk ke perkampungan kerap melompat-lompat rumah warga hingga mengakibatkan bagian atap rumah milik sejumlah warga rusak.

Data yang berhasil dihimpun dari warga sekitar, kawanan lutung itu masuk ke permukiman warga sejak satu pekan terakhir. Sejumlah warga di Sendangguwo, Tembalang menemukan beberapa ekor lutung kerap melompat ke atap dan merusak sejumlah rumah.
Menurut Mashudi, Ketua RW 1, Sendangguwo, dirinya tidak sengaja memergoki kawanan lutung masuk di permukiman penduduk pada Kamis (28/5/2020) lalu.

Baca Juga :  Pencemaran Bengawan Solo Jadi Perhatian Serius Ganjar Pranowo, Perusahaan Diberi Waktu 12 Bulan Perbaiki IPAL

“Saat itu, kami bersama warga terkejut saat ada gerombolan lutung menaiki atap rumah warga pada pagi hari. Lutungnya bertubuh besar, gemuk, gerakaannya sangat agresif, berbulu hitam dan tingginya kira-kira seperti anak usia balita,” terang dia saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (2/6/2020) kemarin.

Dijelaskannya lebih detail, saat melihat kawanan lutung, menurut Mashudi, warga berusaha menangkap dengan mengejar sejauh 200 meter. Namun sayangnya, warga setempat justru kehilangan jejak setelah hewan primata tersebut menyelinap di kebun milik warga sekitar Sendangguwo.

“Beberapa warga saat ini diliputi rasa was-was lantaran lutung yang bertubuh besar itu bisa mengancam keselamatan mereka. Yang paling khawatir terutama ibu-ibu yang memiliki anak-anak kecil,” imbuh dia.

Baca Juga :  Didesak Serikat Buruh, Hendi Beberkan Tiga Perusahaan di Semarang Jadi Klaster Penularan Covid-19

Adanya kekhawatiran warga, Aparat kepolisian setempat ikut mengantisipasi serangan lutung. Bhabinkamtibmas Sendangguwo Polsek Tembalang, Bripka Endar Bayu Cahyono menyatakan, saat ini sedang berpatroli untuk mengantisipasi serangan kawanan lutung di Kampung Sendangguwo. Pihaknya juga meminta Pemkot Semarang melalui dinas terkait ikut mengantispasi serangan lutung.

“Biar dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Kami berharap ada perhatian dari Pemerintah Kota Semarang melalui dinas terkait. Yang utama kami meminta warga meningkatkan penjagaan di kampung supaya tidak ada lagi lutung yang masuk ke rumah-rumah,” kata Bripka Endar Bayu. Satria Utama