JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Polres Grobogan Resmikan 4 Kampung Siaga Covid-19, Kesadaran dan Kepedulian Warga Jadi Benteng Ampuh Hadapi Corona

Wakil Kepala Polres Grobogan Kompol Dwi Hendro Pudiyanto, secara resmi telah meresmikan 4 Kampung Siaga Covid-19 di empat desa di Grobogan. Secara simbolis,  peresmian dilakukan oleh  Kompol Dwi Hendro Pudiyanto di Desa Rejosari, Kecamatan Grobogan, Jumat (5/6/2020) kemarin. Istimewa

GROBOGAN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Peran perangkat Daerah seperti Rukun Warga (RW) di Kabupaten Grobogan benar-benar dilibatkan dalam membentengi penularan
penyebaran virus corona (Covid-19).

Upaya penanganan ini dilakukan hingga mulai membentuk Kampung Siaga Covid-19 dan dimotori langsung oleh kepolisian Polres Grobogan. Fakta itu menunjukan perang terhadap virus corona terus berlanjut.

Wakil Kepala Polres Grobogan Kompol Dwi Hendro Pudiyanto, mewakili Kapolres Grobogan AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho, secara resmi telah meresmikan 4 Kampung Siaga Covid-19 di empat desa di Grobogan. Secara simbolis,  peresmian dilakukan oleh  Kompol Dwi Hendro Pudiyanto di Desa Rejosari, Kecamatan Grobogan, Jumat (5/6/2020) kemarin.

Selain Desa Rejosari, ada tiga desa lainnya yang diresmikan jadi kampung siaga Covid-19. Yakni, Desa/Kecamatan Godong; Desa Tegalsumur, Kecamatan Brati; dan Desa Kuwaron, Kecamatan Gubug.

Baca Juga :  Ganjar Minta Warga Jateng yang Tinggal di Jakarta Dukung Kebijakan PSBB

Dalam peresmian tersebut sekaligus memberikan bantuan paket sembako untuk warga.
Selain itu, pihak Polres Grobogan juga telah menyalurkan bantuan berupa alat perlindungan diri (APD) dan peralatan lainnya untuk kampung siaga.

Dalam sambutannya Kompol Dwi Hendro mengatakan bahwa kampung siaga Covid-19 merupakan salah satu bentuk kesiapan warga dalam upaya antisipasi dan pencegahan persebaran virus corona, baik aspek kesehatan maupun ekonomi di desa tersebut.

“Desa yang dijadikan Kampung Siaga Covid-19 memiliki standar prosedur operasi (SOP) untuk antisipasi dan pencegahan penularan Covid-19. Gerakan Kampung Siaga Covid-19 sebagai bentuk antisipasi pandemi yang disebabkan virus corona,” terang dia.

Ia juga menambahakan, inisiatif ini dianggap vital untuk membangun benteng kesadaran warga dalam bertahan dari ancaman Covid-19.

Baca Juga :  Lakukan Aksi Pembacokan, Dua Pemuda Nikmati Dinginnya Sel Tahanan Mapolres Grobogan

“Program ini akan berperan dalam banyak hal, mulai dari sosialisasi terkait Covid-19, sterilisasi fasilitas sosial dan umum, mengaktifkan sistem keamanan warga, sistem informasi kesehatan warga, hingga pembentukan lumbung pangan warga,” imbuh Kompol Dwi Hendro.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, dengan memakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, dan menghindari kerumuan massa.

“Masyarakat harus disiplin menerapkan protokol kesehatan yang diberlakukan pemerintah. Ini penting untuk memutus mata rantai virus korona, sebagai persiapan kita memasuki tatanan normal baru,” sambungnya.

Untuk diketahui, dalam peresmian Kampung Siaga Covid-19, Kepala Dinas Kesehatan Grobogan Slamet Widodo, Kepala BPBD Endang Sulistyoningsih, para pejabat utama Polres Grobogan, Forkompincam dan perwakilan warga. Satria Utama