JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Rencana Pengadaan Alat Rapid Test di Wonogiri, Saat Ini Pemkab Masih Menghitung Jumlah Ideal dan Anggarannya

Rapid test di Pasar Kota Wonogiri. Dok. Polres Wonogiri
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

    Rapid test di Pasar Kota Wonogiri. Dok. Polres Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Saat ini Pemkab Wonogiri tengah menghitung jumlah ideal alat rapid test. Bukan hanya itu pemkab sekaligus menghitung anggaran pengadaan alat tes cepat deteksi COVID-19 itu.

Langkah penghitungan itu merupakan bagian dari rencana Pemkab Kota Mete melakukan pengadaan alat rapid test. Hingga kini, persediaan alat rapid test yang dimiliki dinilai belum ideal.

Baca Juga :  Wonogiri Tetap Belum Bakal Terapkan Pendidikan Tatap Muka Seperti Ini Alasannya

Bupati Wonogiri Joko Sutopo usai menggelar rakor persiapan new normal di kompleks Setda Wonogiri, Rabu (3/6/2020) menjelaskan, meminta Dinas Kesehatan untuk menghitung jumlah ideal dan berapa anggaran pengadaan alat rapid test.

“Supaya kita punya peta sebaran otentiknya,” jelas dia.

Kebutuhan alat tes cepat itu, sebut dia, akan disesuaikan dengan standar minimal statistik epidemiologi di tiap kecamatan.

Baca Juga :  Semangat Slur Warga Pracimantoro yang Tengah Mengerjakan Proyek Fisik TMMD di Desa Sumberagung. Jangan Abaikan Protokol Kesehatan Nggih

“Pengadaan alat tersebut tentunya berbasis pendataan. Saat ini alat rapid test yang dimiliki Pemkab Wonogiri belum ideal dengan jumlah populasi atau jauh di bawah standar epidemiologi sebaran angka kasus maupun temuan lainnya,” beber dia.

Menurut dia, kecamatan yang angka kasusnya tinggi akan diprioritaskan untuk dilakukan rapid test massal. Seperti Kecamatan Ngadirojo tertinggi, lalu Slogohimo, Wonogiri Kota, Pracimantoro, Kismantoro, dan seterusnya. Aria