JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Yogyakarta Banjir Sepeda Saat Pandemi Corona, Ini Saran dari Dinkes untuk Pesepeda

Kawasan Titik Nol Kilometer Yogya, di ujung jalan Malioboro, tampak sudah kembali dipadati pengunjung pada Sabtu petang (6/6/2020). Pemerintah DIY sendiri masih memperpanjang masa tanggap darurat hingga 30 Juni 2020 guna memastikan new normal yang diproyeksi paling cepat Juli 2020. Tempo.co
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Belakangan ini ribuan pesepeda memadati jalanan di kota Yogyakarta. Mereka terlita berkumpul dan nongkrong di Tugu, kawasan Malioboro hingga Titil Nol.

Hal tersebut membuat berang pemda DIY karena sebagian pesepeda tak mematuhi protokol Covid-19.

Terkait antusias warga bersepeda di masa masih tanggap darurat Covid-19 ini, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta mewanti-wanti agar hobi sekaligus olahraga itu tak menjadi bumerang pecintanya.

“Pesepeda perlu memperhatikan medan, jarak, rute, hingga durasi. Pemilihan medan sebaiknya tidak menanjak dan hanya bersepeda untuk tujuan santai,” ujar Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Khusus Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Okto Heru Santosa Jumat 12 Juni 2020.

Okto menuturkan waktu ideal bersepeda antara 20-60 menit. Di masa pandemi ini, ia meminta jika para pesepeda beristirahat dapat memilih tempat yang jauh kerumunan.

Menurutnya, hal lain yang perlu diperhatikan dalam bersepeda juga memperhatikan prinsip progresif, yaitu melakukan pemanasan sebelum olahraga dan pendinginan setelahnya. Masyarakat juga disarankan tidak saling meminjam fasilitas olahraga, menghindari menyentuh sarana umum, serta menghindari menyentuh area wajah saat berolahraga.

Baca Juga :  Diduga Hendak Berbuat Kriminal, Remaja Yogya Ini Panik dan Lari Tinggalkan Motor Begitu Saja

“Pastikan kondisi tubuh fit, sebab ada beberapa kasus di mana orang kolaps saat berolahraga. Utamakan melakukan olahraga pagi hari saat kadar oksigen lebih tinggi,” ujar Okto.

Okto menambahkan olahraga di masa pandemi corona ini, masyarakat perlu memperhatikan rekomendasi Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga soal tiga risiko, yakni risiko rendah, sedang, dan tinggi. Risiko rendah adalah olahraga di rumah, baik sendiri atau dengan anggota keluarga dan menggunakan peralatan sendiri.

Risiko sedang meliputi olahraga di tempat umum secara sendiri atau berkelompok, tidak lebih dari lima orang dan menggunakan peralatan sendiri. Sedang risiko tinggi adalah olahraga di tempat umum, berkelompok dengan orang lain yang bukan anggota keluarga, dan menggunakan peralatan yang bergantian.

Baca Juga :  Bus Terguling di Jalan Imogiri Panggang, 7 Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

“Sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga di rumah, namun jika di luar pastikan tetap menggunakan masker dan disiplin menerapkan protokol kesehatan,” ujar Okto.

Para pecinta bersepeda pun diimbau memilih masker yang nyaman dipakai dan berpori longgar. Karena harus memakai masker, pesepeda dianjurkan melakukan aktivitas berintensitas ringan dan sedang sebab jika melakukan intensitas berat saat memakai masker, berisiko menghambat pasokan oksigen dan bisa berakibat fatal.

Wakil walikota yang juga Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogya, Heroe Poerwadi, mengatakan bersepeda menjadi hobi dan olahraga yang belakangan kian populer di masyarakat Kota Yogyakarta. Selain bersifat rekreatif, bersepeda juga dinilai menjadi salah satu cara mudah dan murah untuk menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi corona. Namun, kegiatan bersepeda harus juga dibarengi protokol kesehatan ketat.

“Di masa pandemi ini, bersepeda cukup berkeliling klintong-klintong bukan dalam konteks sport yang berintensitas tinggi,” ujar Heroe.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com